Dishubkominfo Sleman petakan jalur mudik rawan macet

id macet

Dishubkominfo Sleman petakan jalur mudik rawan macet

Ilustrasi kemacetan di jalan (antarafoto.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memetakan tiga titik di jalur mudik lebaran yang rawan terjadi kemacetan arus lalu lintas.

"Tiga titik jalur mudik yang rawan terjadi kemacetan tersebut meliputi Jalan Solo mulai dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta hingga simpang tiga Jalan Lingkar Utara, kemudian di simpang empat Jalan Wates, Pelem Gurih dan Fly Over Jombor dari arah utara," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sleman Agoes Soesilo Endiarto, Kamis.

Menurut dia, Jalan Solo sekitar Bandara Adisutjipto Yogyakarta rawan terjadi kemacetan karena aktivitas calon penumpang atau penumpang yang menggunakan transportasi udara.

"Diperkirakan akan terjadi kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut karena padatnya kendaraan di Jalan Solo dan ditambah kendaraan yang masuk dan keluar dari bandara," katanya.

Ia mengatakan, untuk kepadatan di Jalan Wates sekitar Pele Ggurih karena aktivitas di Pasar Tradisional Gamping Sleman yang cukup ramai menjelang lebaran.

"Sementara untuk di Jombor Fly Over kemacetan diperkirakan akan terjadi akibat adanya penyempitan jalan dari arah utara (Magelang)," katanya.

Agoes mengatakan, selain rawan kemacetan, ruas jalan yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas juga terdapat di Jalan Wates, Jalan Magelang dan Jalan Solo.

"Jalur rawan kecelakaan di Jalan Wates antara kilometer lima hingga delapan di Delingsari, Jalan Magelang titik kerawanan ada di kilometer 13 hingga 18 antara Medari hingga Tempel dan di Jalan Solo di kilometer 11 hingga 14 dari Kalasan sampai Prambanan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan jalur alternatif guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas.

"Jalur alternatif dari arah Magelang menuju Yogyakarta bila terjadi kemacetan maka jalur alternatifnya melewati Tempel-Balangan-Moyudan-Jalan Wates. Sedangkan arus dari Solo menuju Yogyakarta melalui Cangkringan-Pakem-Turi-Tempel atau lewat Prambanan-Piyungan-Jalan Wonosari," katanya. 

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024