Rio bertekad kumandangkan Indonesia Raya di Inggris

id rio haryanto

 Rio bertekad kumandangkan Indonesia Raya di Inggris

Rio Haryanto (Foto antaranews.com)

Semarang (Antara Jogja) - Pebalap nasional Rio Haryanto bertekad mengumandangkan lagu Indonesia Raya saat tampil pada seri kelima loba balap mobil GP2 Series 2015 di Sirkuit Silvestone, Inggris, 3-5 Juli.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Kamis malam, menyebutkan, Rio yang tergabung di tim Campos Racing tersebut kan kembali berjuang mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di sirkuit Silverstone, yang merupakan salah satu sirkuit legendaris di kalender Formula 1.

Rio yang saat ini hanya selisih sembilan poin dengan pebalap Amerika Serikat dari tim DAMS mempunyai peluang besar untuk merebut posisi dua di klasemen sementara. Rio sendiri bertekad menjadi wakil Indonesia pertama di kejuaraan otomotif paling bergengsi, Formula 1 pada 2016.

Rio yang mendapat dukungan dari Pertamina terus membuktikan bahwa dirinya dapat bertarung dan bersaing di dalam kompetisi dengan level yang tinggi. Dengan performa mobil yang sama, membuat keahlian pebalap dan komunikasi dengan anggota mekanik di tim menjadi kunci kesuksesan dalam setiap balapan.

Raihan yang didapat dari balapan di Bahrain, Barcelona, dan Austria tidak terlepas dari usaha keras tersebut. Hasil yang diraih di Austria termasuk hal yang istimewa mengingat ini hanya kunjungan Rio yang kedua kali. Namun Rio terus belajar dan berlatih melalui latihan simulator dan pada akhirnya dapat mengalahkan pebalap-pebalap lawan yang mayoritas berbasis di Eropa.

Menjadi satu-satunya wakil Indonesia di GP2, semua prestasi Rio tidak terpisahkan dari dukungan masyarakat Indonesia dan semua pihak yang terus mengalir dari Tanah Air. Rio yang kini telah menjuarai dua balapan GP2 tahun ini, menunjukan bahwa atlet Indonesia dapat sejajar bahkan lebih baik dari atlet asing.

Rio Haryanto mengatakan kemenangan yang diraih di Bahrain dan Austria tidak lepas dari dukungan yang sangat luar biasa dari masyarakat Indonesia di manapun mereka berada.
"Saya merasa sangat nyaman dengan mobil saya tahun ini dan komunikasi dengan tim pun berjalan sangat baik. Sebelumnya, saya pernah naik podium kedua di Silverstone dan mudah-mudahan kali ini Merah Putih akan berkibar di puncak podium," kata Rio Haryanto.

Sirkuit Silverstone sepanjang 5,891 km ini telah menjadi tuan rumah lomba GP2 sejak musim pertama pada 2005. Feature race dijadwalkan berlangsung 29 putaran (170,705 km) dengan batas waktu 60 menit dan satu pit stop wajib, sedangkan Sprint race akan menempuh 21 putaran (123.577 km) atau waktu maksimum 45 menit.

Barisan pebalap F1 yang pernah menjuarai balapan GP2 di sirkuit ini di antaranya, Nico Rosberg, Lewis Hamilton, Bruno Senna, Pastor Maldonado, Sergio Perez, Romain Grosjean, Jules Bianchi, Esteban Gutiérrez, dan Felipe Nasr. Catatan waktu terbaik di sirkuit ini (1:39,189) dicetak oleh pembalap Jules Bianchi dari Perancis pada musim 2010.

Trek Silverstone dibangun di atas lahan bekas lapangan terbang era Perang Dunia II, oleh karena itu trek ini memiliki elevasi yang relatif rata dan beberapa tikungan yang harus dilewati dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Salah satu bagian yang terkenal di sirkuit ini adalah kombinasi tikungan berkecepatan tinggi dari Maggots dan Becketts. Bagian ini juga menjadi krusial karena pebalap yang dapat mengatasi dengan baik mempunyai kesempatan untuk menyalip lawannya di lurusan Hangar Straight yang tahun ini juga menjadi salah satu zona aktivasi DRS (Drag Reduction System).


Jadwal GP2 Series Inggris

Practice: Jumat (3/7) pukul 18.01 WIB
Qualifying Session: Jumat (3/7) pukul 21.55 WIB
Race 1 (Feature Race): Sabtu (4/7) pukul 20.40  WIB
Race 2 (Sprint Race): Minggu (5/7) pukul 15:35 WIB

(H015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024