Disperindag-ERDM Kulon Progo periksa tera tujuh SPBU

id tera spbu

Disperindag-ERDM Kulon Progo periksa tera tujuh SPBU

Ilustrasi tera ulang SPBU (Foto Antara)

Kulon Progo  (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pemeriksaan tera di tujuh stasiun pengisian bahan bakar umum di sepanjang jalan utama Temon-Sentolo dalam rangka perlindungan konsumen saat Lebaran.

Kasi Metrologi dan Perlindungan Konsumen Disperindag-ESDM Kulon Progo Sungkono di Kulon Progo, Jumat, mengatakan Disperindag-ESDM melakukan inspeksi di tujuh SPBU.

Kegiatan yang telah dilakukan hingga saat ini, baru di empat lokasi.

"Pemeriksaan ini untuk perlindungan konsumen dan pemudik yang melintasi jalur selatan, khususnya yang melewati Kulon Progo. Sehingga saat beli BBM, tepat ukuran," kata Sungkono.

Ia mengatakan empat SPBU yang diperiksa, yakni SPBU Sentolo, SPBU Sukoreno, SPBU Ngramang, dan SPBU Wates. Berdasarkan hasil pemeriksaan, tera masing-masing pompa SPBU masih diambang batas toleransi.

"Semua SPBU yang diperiksa bagus. Harapannya, konsumen dan pemudik tidak dirugikan oleh oknum pengelola SPBU saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2015," katanya.

Fungsional Penera Balai Metrologi DIY Basari Alwi mengatakan pihaknya telah melakukan pengkajian dan pemeriksaan pompa SPBU, hasilnya masing-masing pompa masih batas toleransi, yakni, di bawah 0,5 persen.

Ia mencontohkan dari 20 liter premiun yang dites, kesalahannya di bawah 50 mililiter. Artinya, pompa masih layak atau masih sah tera.

"Kalau kesalahan setiap 20 liter di atas 100 mililiter, akan kami rekomendasikan tidak digunakan. Namun, semua alat masih di bawah ambang toleransi," kata Basari.

Admin SPBU Sentolo Widayuningtiyas mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan oleh petugas Disperindag-ESDM, Kepolisian Resor Kulon Progo, dan Balai Metrologi DIY, pompa SPBU Sentolo masih di bawah ambang batas toleransi.

"Pompa masih bagus kerjanya karena di bawah ambang toleransi 0,5 persen," katanya.

Pihaknya sudah mendapatkan tambahan pasokan premiun dua kiloliter mulai Jumat.

"Setiap harinya, SPBU Sentolo kuota premium sebesar 16 ribu kiloliter, menjelang arus mudik ini mendapat tambahan alokasi dua kiloliter," katanya.

KR-STR