Sleman targetkan kunjungan wisatawan Lebaran 150 ribu orang

id lava tour

Sleman targetkan kunjungan wisatawan Lebaran 150 ribu orang

Wisatawan dan Candi Prambanan (Foto Antara/Dok)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mentargetkan kunjungan wisatawan selama cuti bersama Lebaran 2015 bisa mencapai 150 ribu orang atau meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 125 ribu orang.

"Meskipun tahun ini cuti bersama Lebaran waktunya lebih pendek, hanya enam hari namun kami menargetkan kunjungan wisatawan di seluruh objek wisata bisa mencapai 150 ribu wisatawan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Jumat.

Menurut dia, pada Lebaran tahun lalu, dengan cuti bersama selama sembilan hari kunjungan wisatawan yang ditargetkan 100 ribu ternyata realisasinya mencapai 125 ribu orang.

"Tahun ini kami berani memasang target lebih tinggi dari tahun lalu karena tahun ini bersamaan dengan libur sekolah dan kondisi cuaca lebih mendukung. Tahun ini saat libur Lebaran sudah tidak turun hujan," katanya.

Ia mengatakan, tahun ini juga tidak banyak tambahan objek wisata baru di Kabupaten Sleman, hanya ada penambahan Sindukusuma Edupark dan beberapa objek wisata minat khusus dan pengembangan desa wisata.

"Secara umum destinasi wisata yang ada di Sleman telah siap untuk menghadapi wisatawan dalam libur Lebaran tahun ini," katanya.

Ayu mengatakan, destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sleman diantaranya kawasan wisata Kaliurang, Museum Gunungapi Merapi (MGM), Volcano Tour Merapi Cangkringan, Candi Prambanan dan candi-candi lainnya.

"Desa-desa wisata saat ini juga sudah menjadi pilihan tersendiri bagi para wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, dalam menghadapi libur Lebaran ini pihaknya telah mengimbau kepada para pelaku wisata untuk senantiasa lebih meningkatkan kualitas dan pelayanan yang baik.

"Upaya tersebut dapat dilakukan dengan penerapan Sapta Pesona Pariwisata yakni, Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah dan Kenangan," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memberikan diskon untuk tiket masuk ke objek wisata Kaliurang dan MGM sebesar 50 persen, bagi rombongan dengan jumlah minimal 40 orang.
V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024