Disbudparpora targetkan 85 ribu pengunjung saat Lebaran

id kulon progo

Disbudparpora targetkan 85 ribu pengunjung saat Lebaran

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan 85 ribu wisatawan dengan nilai pendapatan Rp300 juta dari tujuh objek wisata pada Lebaran 2015.

Kasi Objek Sarana dan Prasarana Pariwisata Disbudparpora Kulon Progo Kuat Tri Utama di Kulon Progo, Jumat mengatakan pada Lebaran 2014 pariwisata menyumbang pendapatan asli Daerah (PAD) sebesar Rp280 juta dengan jumlah kunjungan wisata 70 ribu orang.

"Kami optimistis, target kunjungan wisatawan terealisasi mengingat cuaca sangat cerah. Wisata di Kulon Progo mayoritas berbasis wisata alam, sehingga cuaca sangat mempengaruhi jumlah pengunjung," kata Kuat.

Ia mengatakan tujuh objek wisata andalan Kulon Progo adalah Pantai Glagah, Congot, Trisik, Waduk Sermo, Suroloyo, Gua Kiskenda dan Tanjungsari.

Untuk objek wisata Pantai Glagah ditargetkan menyumbang PAD sebesar Rp120 juta hingga Rp150 juta. Pantai Glagah setiap tahunnya menjadi penopang utama PAD dari sektor pariwisata.

"Objek wisata yang secara penyesat menyumbangkan PAD adalah Waduk Sermo. Hal ini dikarenakan imbas dari jumlah kunjungan wisata Kalibiru," katanya.

Pada libur Lebaran 2015, kata Kuat, Disbudparpora Kulon Progo akan menggelar pentas kesenian dan pentas budaya dalam rangka mendongkrak jumlah kunjungan wisata.

Adapun agenda pentas seni objek wisata Kulon Progo yakni 19 Juli pentas seni digelar di objek wisata Suroloyo dan Pantai Congot. Pada 20 Juli pentas seni digelar di Pantai Glagah, Pantai Trisik, dan Sermo.

"Pentas seni di setiap objek wisata disesuaikan dengan minat masyarakat mulai dari angguk, jatilan dan kesenian tradisional lainnya," kata dia.

Wakil Ketua DPRD Kulon Progo Ponimin Budi Martono mengatakan pemkab harus mengantisipasi lalu lintas di objek wisata, khususnya di Bukit Menoreh mengingat ruas jalan sempit.

"Jangan sampai ada kecelakaan lalu lintas saat Lebaran nanti," harapnya.***1***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024