Bantul remajakan 12 titik taman hijau

id taman hijau

Bantul remajakan 12 titik taman hijau

Ilustrasi, Salah satu Ruang Terbuka Hijau (Foto ANTARA/Dok)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Pekerjan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun anggaran 2015 meremajakan dengan memperbarui dan menambah tanaman di 12 titik taman di daerah ini.

"Di Bantul sudah ada puluhan titik taman, sedangkan yang sedang kami remajakan tahun ini ada di 12 titik," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan, Persampahan, Pertamanan, dan Pemakaman Dinas PU Bantul, Surono di Bantul, Jumat.

Menurut dia, sebanyak 12 titik taman yang diremajakan tersebut di antaranya taman depan Markas Polres Bantul, kawasan simpang lima Bejen, taman sebelah RS Panembahan Senopati, depan SMA Bantul, halaman rumah dinas bupati dan kawasan Klodran.

"Kemudian ada juga taman di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Selain peremajaan juga dilakukan kegiatan pemeliharaan dan perawatan agar tetap hijau dan sejuk," kata Surono.

Ia mengatakan peremajaan taman di Bantul rutin dilakukan setiap tahun, dan tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menganggarkan sekitar Rp100 juta untuk menjaga keindahan dan mempercantik penampilan taman tersebut.

"Belum lama ini kami juga sudah menyelesaikan pembuatan taman di depan SMA Negeri 1 Bantul (sisi barat Jalan Wachid Hasyim) sepanjang kurang lebih 200 meter dengan anggaran sekitar Rp50 juta," katanya.

Sementara itu, kata dia, pembuatan taman baru yang masih dalam proses pekerjaan saat ini yakni di sebelah selatan Lapangan Paseban kawasan Perkantoran Pemkab Bantul, yang rencananya sebagai satu-satunya Taman Kota di wilayah Bantul.

"Upaya memperindah taman di spot-spot pusat kabupaten ini dilakukan agar Bantul semakin hijau, mengingat sudah sejak gempa bumi 2006 Bantul belum mendapat penghargaan Adipura, makanya ini dalam rangka itu (Adipura)," katanya.***3***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024