Lokakarya robotik Taman Pintar gandeng Universitas Australia

id taman pintar

Lokakarya robotik Taman Pintar gandeng Universitas Australia

Taman Pintar Yogyakarta (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Pengelola tempat wisata dan edukasi Taman Pintar Yogyakarta meningkatkan kualitas pembelajaran robotiknya dengan kali ini menggandeng Macquire University Australia untuk lokakarya robotik kepada siswa SD dan SMP.

"Kegiatan ini akan berlangsung hingga 22 Juli yang dilaksanakan di Laboratorium Sains Gedung Kotak lantai tiga Taman Pintar," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Sabtu.

Kegiatan tersebut dipandu tujuh mahasiswa dan satu dosen Macquire University dengan diikuti 10 SD dan 10 SMP di Kota Yogyakarta yang masing-masing sekolah mengirimkan 15 siswa sebagai peserta.

Peserta akan memperoleh pelatihan pembuatan dan pemrograman robot sederhana menggunakan robot Edison. Seluruh materi pembelajaran dalam lokakarya, kata Yunianto, didesain oleh perguruan tinggi tersebut dengan empat tingkat kesulitan.

"Peserta akan memperoleh materi dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Materi diberikan sesuai kemampuan dan keterampilan peserta," katanya.

Di dalam materi tingkat pertama, peserta diberi pelatihan membuat robot yang bisa berjalan mengikuti garis lurus dan pada materi berikutnya memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. "Seusai mengikuti `workshop`, akan ada kompetisi robotik yang diikuti seluruh peserta guna membuktikan bahwa mereka mampu menyerap semua materi yang pelatihan yang sudah diberikan," katanya.

Kompetisi robotik tersebut rencananya digelar pada 24 Juli di Phytagoras Hall Gedung Kotak Lantai 1 Taman Pintar Yogyakarta. "Kami berharap, kerja sama dengan universitas di Australia ini bisa berjalan dengan baik dan anak-anak semakin mengenal teknologi robotik sedini mungkin. Kreativitas mereka juga bisa semakin terpacu," katanya.

Yunianto menyebut lokakarya tersebut sejalan dengan visi Taman Pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains terbaik di Asia Tenggara. "Citra Yogyakarta sebagai kota budaya, kota pelajar, kota pendidikan, khususnya di bidang aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi, bisa terus menguat," katanya.

Taman Pintar rutin menggelar Kontes Robot Pintar Yogyakarta setiap tahun. Pada 2014, kontes robot sudah memasuki penyelenggaraan tahun ketujuh.

(E013)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024