Pemkab jamin jalan kabupaten siap dilewati pemudik

id jalan

Pemkab jamin jalan kabupaten siap dilewati pemudik

Ilustrasi pembangunan jalan (Foto antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin jalan kabupaten yang berada di 12 kecamatan dalam kondisi baik, dan siap dilewati kendaraan pemudik dan pemudik balik Lebaran.

Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo di Kulon Progo, Minggu, mengatakan ruas jalan kabupaten yakni 260 ruas dengan total panjang jalan kabupaten yakni 667.750 kilometer dalam kondisi bagus dan siap dilewati kendaraan.

"Kondisi jalan kabupaten saat ini, 75,55 persen baik, 11,82 persen sedang dan 11,34 persen jalan kabupaten rusak dan 1,28 persen rusak berat. Meski, 11,34 persen rusak, tidak ada pada jalur mudik yang biasa digunakan sebagai jalur alternatif," kata Sutedjo.

Ia mengatakan total panjang jalan nasional yang melewati Kulon Progo yakni 28,57 kilomter, semua kondisi saat ini 100 persen baik. Begitu juga dengan jalan provinsi juga sudah bagus. Jumlah ruas propinsi sebanyak 19 ruas dengan total panjang jalan kabupaten 145,54 km, kondisi jalan 90 persen baik, dan kondisi sedang 10 persen.

"Jalan kabupaten dan provinsi dalam kondisi baik. Semua perbaikan jalan telah selesai pada H-14, dan sekarang sudah siap dilalui pemudik dan masyarakat umum," katanya.

Kepala Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulon Progo Gusdi Hartono mengatakan ia mengimbau kepada pemudik untuk tetap mewaspadai jalur mudik yang sudah diperbaiki.

Sedangkan jalur mudik yang sudah diperbaiki untuk jalan kabupaten yakni Dalangan - Pasar Jombokan, Pasar Jombokan - Trukan Kulon, Demen - Girigondo, Tonobakal - Girigondo, Kecamatan Kokap - Pripih, Pripih - Jurangkah, Glagah-Labuhan-Pantai Congot- Jangkaran, Sindutan - Pasar Glaeng/Jangkaran, Klanggan-Pulopete, Banaran - Tanjung Trisik, dan Kenteng-Cangakan.

Selanjutnya, Dipan - Kulur, Palang Kereta Barat - Kecamatan Kokap/Gemulung, Brigjen Katamso, Wakapan, Sudibyo-Diponegoro- Sugiman-Mandung, Kepek - Kalimanggis, Sudu-Giripurwo, Dengok-Janti, Giripurwo-Gendu/ Jonggrangan, Jonggrangan - Goa Kiskendo,

Kepiton - Boro-Gerbosari, Slanden - Sendangsono, Pasar Bendo-Beku-Bolon-Madigondo, dan Nglambur-Suroloyo.

Sementara itu, jalur mudik yang sudah diperbaiki pada jalan provinsi meliputi Congot-Galur, Demen-Glagah, Toyan-Galur, Karangnongko/Wates-Bugel, Sentolo-Pengasih, Pengasih-Sermo- Kokap- Jombokan-Siluwok, Sentolo-Nanggulan-Kalibawang-Muntilan,

Kembang/Nanggulan-Jonggrangan-Gua Kiskendo dan Kebonagung Dekso-Samigaluh-Pagerharjo.

"Kemudian, jalur mudik yang terjadi bangkitan lalu lintas pada jalan negara yakni Karangnongko/Congot-Toyan- Wates-Sentolo-Bantar.

"Persiapan jalur mudik Lebaran 2015 pada H-10 dan H+10. Semua kegiatan akan dihentikan sementara dan siap melayani pemakai jalan arus mudik dan dengan dilengkapi rambu-rambu lalu lintas," kata Gusdi.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024