Pasokan elpiji di DIY ditambah 300 persen

id pasokan elpiji DIY

Pasokan elpiji di DIY ditambah 300 persen

Elpiji 3kg (Foto antaranews.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan pasokan elpiji tiga kilogram untuk Juli 2015 atau menjelang hari Raya Idul Fitri 1436 Hujriyah ditingkatkan hingga 300 persen.

"Khusus untuk persiapan Lebaran, pasokan elpiji tiga kilogram naik signifikan mencapai 300 persen dari bulan-bulan normal," kata Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Siswanto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pasokan tambahan tersebut akan cukup untuk menutup potensi meningkatnya permintaan elpiji masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri. Sehingga pihaknya menjamin tidak akan ada kelangkaan elpiji pada saat menjelang hingga measuki Lebaran mendatang. "Sehingga kami harap masyarakat tidak perlu khawatir terkait persediaan elpiji di masing-masing kabupaten," kata dia.

Kendati demikian, menurut Siswanto, pemerintah daerah setempat juga diharapkan ikut melakukan pengawasan pendistribusian pasokan tersebut agar tidak terjadi penyelewengan di tingkat pengecer yang kerap memicu kelangkaan.

Sementara itu, untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat, selama bulan puasa hingga H+10 hari raya Idul Fitri, PT. Pertamina bersama Hiswana Migas DIY akan membuka agen elpiji di SPBU selama 24 jam.

Selanjutnya, guna memastikan ketersediaan elpiji di setiap pangkalan atau agen, pihaknya juga akan membuat Posko Satuan Tugas (satgas) yang berperan memastikan ketersediaan elpiji di setiap agen.

"Posko satgas tersebut akan ditempatkan di lima kabupaten/kota di lokasi yang sudah ditentukan," kata dia.


(L007)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024