KPU Bantul adakan bimtek pemutakhiran data pemilih

id KPU Bantul bimtek pilkada

KPU Bantul adakan bimtek pemutakhiran data pemilih

Kantor KPU Kabupaten Bantul (Foto jogja.antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan bimbingan teknis mengenai pemutakhiran dan penyusunan data pemilih untuk Pilkada Bantul 2015.

"Bimtek bagi anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) masing-masing dua orang dan tiga anggota panitia pemungutan suara (PPS) se-Bantul diadakan dalam tiga gelombang," kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di sela bimtek di Bantul, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan yang berlangsung selama 5 hingga 7 Juli 2015 itu, dengan materi yang dipaparkan, di antaranya menekankan bahwa daftar pemilih merupakan elemen yang penting dalam penyelengaraan pemilihan baik pilkada maupun pemilu.

Dengan demikian, kata dia, baik dan buruknya daftar pemilih akan memengaruhi baik buruknya kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilihan.

"Jika daftar pemilihnya tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil pemilu akan tidak baik, sebaliknya dengan daftar pemilih yang berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik," kata Johan Komara.

Oleh sebab itu, kata dia, kepada jajaran PPS di masing-masing desa harus segera mempersiapkan pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan dafar pemilih sejak sekarang, mengingat pelaksanaan Pilkada Bantul tinggal lima bulan lagi.

"Persiapannya di antaranya segera membentuk PPDP (petugas pemutakhiran daftar pemilih) atau yang lebih dikenal dengan nama pantarlih serta mengadakan bimtek dan sosialisasi," katanya.

Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Bantul Arif Widayanto mengatakan terkait dengan pendaftaran pasangan calon, telah dilaksanakan pada pertengahan Juni 2015, namun tidak ada calon perseorangan yang menyerahkan persyaratan calon dukungan.

Oleh karena tidak ada pasangan calon perorangan, katanya, selanjutnya tinggal menunggu pasangan calon yang diusung parpol atau gabungan parpol, yang dalam tahapan dijadwalkan pendaftarannya dibuka pada 26-28 Juli 2015.



(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024