Bantul berharap Jalur Selatan permudah akses wisatawan

id jalur lintas selatan

Bantul berharap Jalur Selatan permudah akses wisatawan

Jalur Jalan Lintas Selatan di Kabupaten Bantul, DIY (Foto Antara/Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berharap jalur jalan lintas selatan yang telah difungsikan setahun ini bisa mempermudah akses wisatawan menuju sejumlah objek wisata pantai selatan.

"Kapasitas jalan sangat berpengaruh, makanya adanya jalur jalan lintas selatan (JJLS) itu, kami harap pantai sebelah barat juga dikunjungi wisatawan, karena aksesnya lebih gampang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Bambang Legowo di Bantul, Selasa.

Menurut dia, JJLS yang merupakan proyek jangka panjang pemerintah pusat bersama pemerintah daerah (pemda) itu sampai saat ini telah direalisasikan di wilayah Bantul bagian selatan mulai dari Kecamatan Sanden ke barat sampai Srandakan.

Ia mengatakan, di sebelah selatan JJLS itu setidaknya terdapat lima objek wisata pantai selatan bagian barat Bantul yang mudah dijangkau dari jalur tersebut, yakni Pantai Samas, Pantai Gua Cemara, Pantai Kuwaru, Pantai Pandansimo dan Pantai Baru.

"Selama ini (sebelum ada JJLS) pengunjung pantai tersebut belum terlalu signifikan, makanya kami harapkan wisatawan tidak terkonsentrasi di pantai sebelah timur saja, melainkan juga di pantai sebelah barat dikunjungi," kata Bambang.

Dengan demikian, pihaknya juga optimistis tingkat kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya, meskipun tidak sebesar tingkat kunjungan ke kawasan Pantai Parangtritis dan Depok.

"Apalagi sekarang ini wisatawan beli satu karcis seharga Rp3.000 per orang bisa menikmati lima objek wisata pantai, mulai dari Samas sampai Pandansimo, tinggal masuknya terserah lewat tempat pemungutan retribusi (TPR) mana," katanya.

Sementara itu, Bambang mengatakan, karcis untuk masuk lebih dari satu objek wisata sebelumnya sudah diterapkan untuk Pantai Parangtritis dan Depok karena lokasinya bersebelahan, yang karcis masuk bisa dibeli melalui masing-masing TPR.

Namun demikian, harga tiket yang dijual untuk wisatawan Pantai Parangtritis-Depok sebesar Rp5.000 per pengunjung, tiket masuk ke dua objek wisata ini lebih tinggi karena dari segi sarana dan fasilitas lebih lengkap.

KR-HRI