Polres imbau pemudik waspadai ruas jalan Yogyakarta-Wonosari

id jalan wonosari

Polres imbau pemudik waspadai ruas jalan Yogyakarta-Wonosari

Mapolres Gunung Kidul (Foto Antara/Dok)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau pemudik untuk mewaspadai sejumlah ruas jalan rawan kecelakaan sepanjang Jalan Yogyakarta-Wonosari pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2015.

Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Yugi Bayu Hendarto di Gunung Kidul, Selasa mengatakan jalur utama mudik Lebaran mulai dari Patuk hingga Wonosari banyak tanjakan, jalurnya juga berkelok-kelok sehingga bagi yang tidak hafal medan cukup membahayakan.

"Untuk itulah, pada titik-titik rawan kecelakaan akan ditempatkan petugas," kata Yugi.

Adapun lokasi rawan di antaranya tikungan Slumprit, ruas jalan Patuk-Asem Ayu, Kalipentung, Pedotan sampai tikungan SMK Muhammadiyah, wilayah Putat sampai Sambipitu, area Watuondo,Tikungan Tleseh, Ruas jalan Bandung-sampai Logandeng serta jalur Siyono-Ledoksari.

"Sepintas kondisi jalannya sangat mulus, namun banyak tikungan tajam, kejadian kecelakan juga relatif banyak," kata dia.

Yugi berharap pengendara mematuhi rambu dan marka jalan saat melintas. Jalur di menuju Gunung Kidul atau alternatif menuju Pacitan merupakan daerah rawan karena kondisinya perbukitan yang terdiri tanjakan dan turunan. Wilayah tersebut rawan kecelakaan dan kemacetan.

"Untuk mengantisipasi kemacetan akan kita bangun posko pengamanan dan posko pemantauan," katanya.

Ia menjelaskan adapun posko pengamanan akan ditempatkan di enam titik di antaranya Slumprit, Argosari, Terminal Dhagsinarga, Pantai Baron, Pulangsawal dan Semin. "Untuk posko pantau akan ada di Rest Area Bunder," katanya.

Ia mengatakan beberapa titik terdapat aktivitas warga yang menjadikan jalur semakin padat. Untuk itu, kehati-hatian pengemudi sangat disarankan agar selamat sampai kampung halaman.

"Makanya mulai H-7 kita menempatkan anggota pada posko pengamanan dan satu posko pelayanan mudik lebaran," kata dia.***2***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024