Yogyakarta gelar lomba teknologi tepat guna

id lomba teknologi tepat guna

Yogyakarta gelar lomba teknologi tepat guna

Lambang Kota Yogyakarta (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan kembali menggelar lomba teknologi tepat guna yang memperebutkan hadiah total Rp36 juta.

"Lomba ini terbuka untuk umum dan pelajar sekolah. Bisa diikuti perorangan maupun kelompok," kata Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (KPMP) Kota Yogyakarta Gonggong Haryono di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, peserta sudah bisa melakukan pendaftaran mulai Selasa (7/7) secara online dengan mengakses laman ttg2015.jogjakota.go.id atau datang langsung ke kantor KPMP yang berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

"Calon peserta juga bisa mendaftar melalui telepon (0274) 515865 atau melalui surat elektronik dengan alamat kpmp@jogjakota.go.id," katanya.

Khusus untuk peserta dari kategori pelajar, Gonggong mengatakan harus berasal dari sekolah di Kota Yogyakarta, sedangkan untuk kategori masyarakat umum harus memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kota Yogyakarta.

"Lomba akan digelar pada 19 September dan seluruh karya dari peserta lomba akan dipamerkan pada 20 September," katanya.

Setiap peserta lomba diharapkan melakukan inovasi terhadap pemanfaatan teknologi sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Pada tahun lalu, KPMP Kota Yogyakarta juga menggelar lomba serupa yang diikuti 18 kelompok setingkat SMA serta 11 kelompok dari kategori umum.

Berbagai inovasi teknologi yang ditampilkan peserta di antaranya adalah "booster" untuk pembuat tempe, sensor kendaraan, alat penjemur baju otomatis hingga alat menghemat listrik.

Sebelumnya, Kepala KPMP Kota Yogyakarta Lucy Irawati menyebut, teknologi tepat guna adalah teknologi sederhana yang bisa dibuat dengan mudah dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Tahun ini, merupakan penyelenggaraan tahun keempat lomba teknologi tepat guna di Yogyakarta.

(E013)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024