Indroyono promosikan Puncak Jaya wisata minat khusus

id indroyono promosikan puncak

Indroyono promosikan Puncak Jaya wisata minat khusus

Puncak Jaya (Foto Istimewa)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mempromosikan Puncak Jaya atau Cartensz Pyramid di Papua sebagai destinasi wisata minat khusus.

Menurut Indroyono, kepada wartawan di Kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin, Puncak Jaya merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia (The Seven Summit) yang menjadi incaran para pendaki gunung.

Ketujuh puncak dunia itu diantaranya Puncak Aconcagua di Argentina, Puncak Everest di Himalaya, Puncak Elbrus di Rusia, Puncak Kilimanjaro di Tanzania, Puncak McKinley di Alaska dan Puncak Jaya di Indonesia.

"Makanya itu dinamakan wisata minat khusus karena pendaki dunia pasti mau naiki paling tidak tiga puncak dunia, baru sah disebut pendaki gunung," ujarnya.

Guna memperkenalkan Puncak Jaya sebagai tujuan wisata minat khusus, Indroyono mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Yayasan Somatua menggelar Ekspedisi Jurnalis ke Cartensz Pyramid pada Agustus mendatang.

Ia mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka mengundang pendaki gunung dari seluruh dunia. Terlebih, paket wisata di Puncak Jaya diperkirakan berkisar 30.000 dolar AS per orang sehingga sangat potensial dari sisi pariwisata.

"Ini wisata minat khusus, maka kami juga ingin tunjukkan bahwa Puncak Jaya itu aman," ujarnya.

Indroyono sendiri akan menghadiri peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI di Puncak Jaya dalam ekspedisi tersebut sekaligus menyerahkan peta NKRI kepada para bupati/wali kota se-Provinsi Papua serta menyerahkan Duplikat Sertifikat Pengukuhan Noken sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Ekspedisi Jurnalis ke Cartensz Pyramid akan diikuti oleh 18 wartawan asing dan dalam negeri dengan rute Jakarta - Timika - Sugapa - Ugimba - Tambua - Cartensz.

(A062)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024