Lebaran - puncak arus mudik di Giwangan diperkirakan H-2

id terminal giwangan

Lebaran - puncak arus mudik di Giwangan diperkirakan H-2

Suasana di terminal giwangan Yogyakarta (Foto Antara/Eka Arifa R/ags/15)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Puncak arus mudik di Terminal Giwangan Yogyakarta diperkirakan terjadi pada H-2 Lebaran dengan jumlah penumpang datang atau berangkat diperkirakan mencapai lebih dari 30.000 orang.

"Diperkirakan, puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau pada Rabu (15/7). Banyak penumpang yang sudah akan tiba dari Jakarta atau penumpang yang akan diberangkatkan ke sejumlah kota seperti Surabaya, Cilacap atau Purwokerto dari Giwangan," kata Pelaksana Harian Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Yogyakarta Nugroho di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang yang datang maupun diberangkatkan dari Terminal Giwangan Yogyakarta sudah terjadi sejak H-7 atau pada 10 Juli.

Namun demikian, lanjut dia, jumlah penumpang yang datang maupun berangkat dari Terminal berkurang dibanding periode yang sama pada masa Angkutan Lebaran 2014. Rata-rata penurunan jumlah penumpang sekitar empat persen.

Meskipun demikian, Nugroho mengatakan, tetap mengoptimalkan berbagai posko yang disiagakan di terminal seperti posko keamanan, posko pengaduan dan posko kesehatan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang.

"Sampai saat ini belum ada kejadian kriminalitas. Kepolisian dan TNI turut membantu melakukan pengamanan di terminal," katanya.

Selain itu, Nugroho menambahkan, pihak terminal juga mengantisipasi maraknya gelandangan dan pengemis serta anak jalanan di kawasan terminal.

"Tujuannya agar kondisi terminal tetap kondusif sehingga penumpang yang datang maupun berangkat merasa nyaman," katanya.

Berdasarkan data di UPT Terminal Giwangan Yogyakarta, jumlah penumpang yang datang pada H-4 Lebaran 2015 tercatat sebanyak 27.980 penumpang dengan 1.458 armada, sedangkan penumpang yang berangkat tercatat sebanyak 24.933 orang dengan 1.323 armada.

Total jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan sejak H-7 hingga H-4 tercatat sebanyak 99.205 orang atau lebih sedikit dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu 104.345 orang.

Sedangkan jumlah penumpang yang berangkat tercatat sebanyak 87.088 orang atau berkurang dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu 91.623 penumpang.

Pada H-4 Lebaran, sejumlah bus cadangan yang dimanfaatkan pemudik juga tiba di Terminal Giwangan, di antaranya dua bus dari Tegal dan Cirebon, 20 bus dari Jakarta, empat bus dari Sumatera dan tiga bus dari Bogor.

(E013)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024