BPBD pasang rambu peringatan objek wisata pantai

id bpbd pasang rambu

BPBD pasang rambu peringatan objek wisata pantai

Ilustrasi (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan telah memasang rambu peringatan di seluruh objek wisata pantai di daerah setempat untuk mencegah terjadinya kecelakaan selama libur Lebaran 2015.

"Hampir seluruh titik rawan objek wisata pantai sudah kami pasangi rambu peringatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gatot Saptadi di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan sebagian besar pemasangan rambu peringatan dilakukan di objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Menurut dia, penentuan pemasangan itu mengacu hasil kajian tempat-tempat wisata yang selama ini dipandang memiliki titik rawan di DIY.

Pantai di Gunung Kidul dipandang memiliki lebih banyak titik rawan karena memiliki tipikal tebing yang berupa bebatuan. "Kajian itu juga telah diintensifkan sejak peristiwa longsornya tebing Pantai Sadranan, Gunung Kidul," kata dia.

Selain itu, menurut Gatot, rambu peringatan juga dipasang di beberapa objek wisata lainnya selain pantai, seperti di objek wisata Volcano Tour Merapi.

"Kerawanannya bukan karena dikhawatirkan ada erupsi, tapi perilaku wisatawan yang dipandang perlu ada kontrol di objek-objek ekstrem," kata dia.

Selain memasang rambu peringatan di objek-objek wisata, Gatot mengatakan, pihaknya juga membuka posko di Kantor BPBD DIY untuk menerima pengaduan jika terjadi kecelakaan atau bencana di kawasan objek wisata selama libur Lebaran 2015. "Kami bekerja sama dengan tim `search and rescue` (SAR) selalu siaga menerima pengaduan selama Lebaran," kata dia.

(L007)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024