Penumpang arus balik padati Terminal Dagsinarga Wonosari

id penumpang arus balik

Penumpang arus balik padati Terminal Dagsinarga Wonosari

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Penumpang arus balik ke Jakarta dan kota lainnya mulai memadati Terminal Dagsinarga Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu.

Dari pantauan di terminal itu, sejak 12.00 WIB, ratusan penumpang sudah memadati terminal tipe A yang berada di Selang, Wonosari. Setiap hari diberangkatkan rata-rata 30 bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP).

Kepala UPT Terminal Dagsinarga Wonosari Trisula Hantoko di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan peningkatan jumlah penumpang arus balik sudah meningkat sejak Minggu ini.

"Ratusan penumpang sudah berangkat menggunakan 34 bus AKAP. Bus semuanya penuh, masih dikerahkan bus reguler saja karena untuk hari ini peningkatannya belum signifikan," kata dia.

Ia mengatakan bus reguler masih bisa mengangkut seluruh penumpang yang berangkat dari terminal. Namun demikian, bus cadangan atau tambahan sudah disiapkan oleh seluruh perusahaan otobus. "Kemungkinan masih bisa menggunakan bus reguler," kata dia.

Trisulo memperkirakan arus balik akan mencapai puncaknya pada Selasa (21/7) dan Rabu (22/7) dengan memberangkatkan 50-an bus AKAP dan cadangan. Peningkatan ini sesuai dengan 2014 biasanya masyarakat memanfaatkan kembali ke kota asal berdekatan dengan masuk kantor. "Seperti tahun lalu, rata-rata 50-an bus pada saat puncak arus balik," ucapnya.

Ia mengaku sudah menginstruksikan pemilik perusahaan otobus untuk mempersiapkan seluruh bus reguler dan cadangan untuk mengantisipasi adanya penumpang yang terlantar. Selain itu, kemungkinan adanya keterlambatan datangnya armada bus karena kemacetan. "Sudah kita antisipasi untuk mencegah penumpang telantar," katanya.

Sementara salah seorang pemilik agen, Agus mengaku sudah ada peningkatan di H+1 hari ini. Namun demikian diperkirakan puncaknya akan terjadi pada Selasa (21/7). "Kemungkinan Selasa depan puncaknya. Hari ini sudah mulai meningkat jumlah penumpangnya," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024