Lebaran - Menhub sapa pemudik di Bandara Adisutjipto

id menteri perhubungan ignatius jonan

Lebaran - Menhub sapa pemudik di Bandara Adisutjipto

Menteri Perhubungan Ignatius Jonan menyapa calon penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta saat melakukan pantauan arus balik Lebaran (Selasa 21/). Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto

Sleman, (Antara Jogja) - Menteri Perhubungan Ignatius Jonan memantau pelaksanaan pelayanan Angkutan Lebaran 2015 di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Selasa.

Dalam pemantauan arus balik Lebaran tersebut Ignatius Jonan menyempatkan diri untuk menyapa sejumlah calon penumpang pesawat yang sedang menunggu waktu keberangkatan.

Menurut Jonan, pelayanan Angkutan Lebaran 2015 ini dapat berjalan cukup baik dan untuk angkutan udara maupun kereta api mengalami peningkatan.

"Dari H-7 hingga H+2 untuk angkutan penerbangan nasional mengalami kenaikan dua persen dibanding tahun lalu, sedangkan untuk kereta api mengalami kenaikan 1,5 persen," katanya.

Ia mengatakan, untuk operasi angkutan lebarann tahun ini pertama kali tercatat kenaikan jumlah penumpang angkutan udara lebih besar dibanding kenaikan jumlah penumpang kereta api.

"Memang ada tren masyarakat beralih menggunakan angkutan udara untuk mudik," katanya.

Jonan mengatakan, untuk angkutan darat bus, dalam operasi ini tercatat penurunan jumlah penumpang hingga minus lima persen di banding tahun lalu.

"Ini mungkin karena tahun ini semakin banyak diselenggarakan angkutan mudik gratis dari perusahaan maupun organisasi kemasyarakatan. Tercatat setidaknya ada 200 ribu yang mendapat layanan mudik gratis, dan ini tidak dicatat dalam jumlah penumpang mudik," katanya.

Ia mengatakan, untuk angkutan kapal laut juga mengalami penurunan sekitar dua persen.

"Penyeberangan laut juga naik sekitar lima hingga tujuh persen," katanya.***1***


(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024