Perpusda Yogyakarta kembali buka layanan pekan depan

id perpusda yogyakarta kembali

Perpusda Yogyakarta kembali buka layanan pekan depan

Ilustrasi (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta baru akan membuka layanan secara penuh pada Selasa (28/7) setelah melakukan "stock opname" selama bulan puasa untuk memastikan koleksi buku dan sarana pendukung dalam kondisi prima.

"Selama bulan puasa, kami mengecek semua koleksi buku dan sarana pendukung seperti internet. Bahkan kami melakukan perbaikan fisik perpustakaan agar layanan bisa kembali lancar saat dibuka," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Rabu.

Wahyu memastikan saat perpustakaan daerah dibuka kembali pekan depan, seluruh layanan sudah bisa diakses secara penuh oleh pemustaka, mulai dari peminjaman buku, hingga akses internet.

Selama "stock opname", lanjut dia, Perpustakaan Kota Yogyakarta menarik kembali semua buku yang dipinjam pemustaka. Perpustakaan juga tidak memberikan layanan peminjaman buku untuk dibawa pulang. "Buku hanya bisa dibaca di perpustakaan," katanya.

"Stock opname", lanjut dia, dilakukan secara rutin minimal satu tahun sekali sesuai instruksi dari pemerintah pusat.

"Kami pilih saat bulan puasa karena jumlah pemustaka tidak sebanyak biasanya. Banyak di antaranya pemustaka kami adalah mahasiswa sehingga mereka sudah pulang kampung saat bulan puasa," katanya.

Ia berharap, "stock opname" yang dilakukan Perpustakaan Kota Yogyakarta tersebut bisa meningkatkan kualitas layanan perpustakaan yang kini memiliki 19.000 judul buku dan sekitar 23.000 eksemplar buku yang bisa dipinjam.

Selain mengecek semua koleksi buku dan sarana pendukung, Perpustakaan Kota Yogyakarta juga melakukan perbaikan langit-langit gedung karena ada beberapa tempat yang sudah bocor.

"Kami juga mengubah fungsi di beberapa ruangan untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Misalnya saja ruangan yang sebelumnya digunakan pegawai diubah untuk kepentingan pengunjung," katanya.

Wahyu berharap, usulan untuk renovasi gedung untuk meningkatkan kapasitas Perpustakaan Kota Yogyakarta yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu bisa segera direalisasikan.

"Tambahan gedung sudah sangat dibutuhkan. Kami berharap, pemerintah daerah bisa segera menyetujui permintaan ini," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024