PDIP Bantul segera daftarkan pasangan calon pilkada

id PDIP

PDIP Bantul segera daftarkan pasangan calon pilkada

PDI Perjuangan (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera mendaftarkan Sri Surya Widati-Misbakhul Munir sebagai pasangan calon bupati dan wakil untuk pemilihan kepala daerah 2015 ke KPU setempat.

"Sudah ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang resmi diusung PDI Perjuangan, rencananya pasangan ini kami daftarkan ke KPU Bantul pada 26 Juli 2015," kata Ketua Panitia Pendaftaran Pasangan Calon PDI Perjuangan Bantul Purwono di Bantul, Jumat.

Dia mengatakan tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 2015 segera memasuki tahapan pencalonan. Dalam tahapan itu, KPU Bantul akan membuka pendaftaran pasangan calon dari partai politik selama tiga hari, yakni 26 sampai 28 Juli 2015.

Ia mengatakan Sri Surya Widati atau calon petahana, sedangkan Misbakhul Munir dari unsur birokrat merupakan pasangan yang resmi diusung partainya. Parpol itu memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan sendiri karena jumlah kursi di DPRD lebih dari 20 persen.

"Rencana pendaftaran ini menindaklanjuti deklarasi pasangan calon bupati dan wakil bupati yang digelar di Lapangan Trirenggo Bantul, pertengahan Juni lalu, di mana dua kandidat ini yang resmi diusung DPC PDI Perjuangan Bantul," katanya.

Selain deklarasi pasangan calon, kata dia, pendaftaran tersebut juga menindaklanjuti surat dari Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan yang diterima DPC perihal pendaftaran pasangan calon bagi nama-nama yang telah direkomendasikan.

"Surat rekomendasi dari DPP partai sudah keluar dan kami sudah diterima via email perihal pendaftaran pasangan calon untuk pilkada serentak 2015, sehingga DPC partai diinstruksikan untuk menindaklanjuti rekomendasi itu," katanya.

Purwono mengatakan pendaftaran pasangan calon ke KPU Bantul rencananya dilaksanakan pada Minggu (26/7) yang diawali dengan penandatangan kesepakatan antara pasangan calon dengan DPC PDI Perjuangan di kantor sekretariat mulai pukul 13.00 WIB.

"Setelah penandatanganan kesepakatan, kami menuju KPU Bantul dengan diiringi pawai becak dan belasan andong hias, perjalanan menuju KPU juga akan diikuti pengurus partai dari 17 PAC se-Bantul, simpatisan, dan masyarakat," katanya.


(KR-HRI)