KPU: harapan masyarakat terhadap praktik demokrasi tinggi

id kpu: harapan masyarakat

KPU: harapan masyarakat terhadap praktik demokrasi tinggi

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengatakan harapan masyarakat terhadap praktik demokrasi untuk memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara masih tinggi, namun tidak dibarengi optimalisasi kinerja lembaga hasil demokrasi.

"Masyarakat tidak puas dengan kinerja lembaga hasil demokrasi, yakni pemerintah, DPR, dan DPRD dalam memberi pelayanan dan menyejahterakan warga," kata Komisioner KPU Kabupaten Kulon Progo Marwanto di Kulon Progo, Selasa.

Ia mengatakan dengan mengutip penelitian yang pernah dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LS ) warga yang setuju dengan pelaksanaan demokrasi sebesar 78 persen, namun yang menyatakan kepuasan terhadap kinerja lembaga demokrasi hanya 58 persen.

"Hal ini berarti ada ketimpangan, dan yang perlu dilakukan adalah memperbaiki praktik berdemokrasi kita. bukan mengganti tata kelola berbangsa dan bernegara dengan sistem yang otoriter," tegasnya.

Untuk memberikan pemahaman demokrasi, KPU Kulon Progo memberikan materi tentang demokrasi dan pemilu pada Masa Orientasi Siswa ( MOS ) Tahun Pelajaran2015-2016 yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Girimulyo di aula sekolah setempat.

MOS yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru di sekolah tersebut juga menghadirkan narasumber dari puskesmas, dinas kesehatan, Koramil Girimulyo dan Polsek Girimulyo.

Ketika siswa disinggung tentang tata cara pemilihan ketua osis. antara dipilih langsung oleh seluruh siswa dengan dipilih oleh perwakilan guru dan siswa, mayoritas siswa menjawab ingin dipilih langsung oleh siswa. "Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda kita masih menyukai demokrasi langsung daripada demokrasi perwakilan," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024