Pemkab didorong kembangkan industri pariwisata berdaya saing

id wisata kulon progo

Pemkab didorong kembangkan industri pariwisata berdaya saing

Salah satu destinasi wisata alam Kab. Kulon Progo (Foto Antara/ags/15)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, didorong untuk mengembangkan industri pariwisata yang berdaya saing, kredibel, mampu menggerakkan kemitraan usaha, dan bertanggung jawab atas kelestarian dan keseimbangan lingkungan alam dan sosial budaya.

"Kami mengharap Pemkab Kulon Progo mampu mewujudkan misi pariwisata berbasis budaya yang kreatif dan inovatif sebagai sektor unggulan dan prioritas pembangunan daerah," kata Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kulon Progo Sasmita Hadi di Kulon Progo, Jumat.

Ia juga meminta pemkab melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) meningkatkan kualitas dan kuantitas daya tarik wisata yang mampu mendorong peningkatan jumlah kunjungan.

Pemkab juga harus meningkatkan produk domestik bruto, devisa daerah, produk domestik regional bruto,pendapatan asli daerah, dan pendapatan masyarakat, dengan tetap memelihara kelestarian lingkungan.

"Hal yang terpenting yakni pemkab mewujudkan media pemasaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan citra kawasan pariwisata daerah dan apresiasi terhadapnya, sehingga mampu menarikkunjungan dan kunjungan ulang wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara," kata Sasmita.

Menurut dia, industri pariwisata mampu menggerakkan perekonomian daerah melalui peningkatan investasi di bidang pariwisata, kerja sama antarusaha pariwisata,memperluas lapangan kerja, dan melaksanakan upaya-upaya untuk mendukung pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk itu, menurut dia, pemkab harus mengembangkan lembaga kepariwisataan dan sistem tata kelola yang mampu menyinergikan pembangunan industri pariwisata, kawasan pariwisata, dan pemasaran pariwisata secara profesional, efektif, dan efisien.

"Hal ini untuk meningkatkan daya saing pariwisata pada tingkat nasional maupun global sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan. Untuk itu, semua pelaku wisata harus bekerja sama mengembangkan tujuan wisata yang aman, nyaman, menarik, mudah dicapai, dan berwawasan lingkungan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ketua Fraksi FPG DPRD Kulon Progo Widiyanto mengharapkan pemkab mewujudkan kepariwisataan berbasis budaya yang kreatif dan inovatif, serta dapat mengembangkan daya tarik wisata berbasis budaya.

"Kami minta pemkab mengembangkan pemasaran pariwisata yang sinergis, unggul, dan bertanggung jawabuntuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara,"kata Widiyanto.

Menurut dia, untuk mengembangkan organisasi kelembagaan pemkab, swasta, dan masyarakatn mengembangkan sumber daya manusia, regulasi, dan mekanisme operasional yang efektif dan efisien dalam rangka mendorong terwujudnya kepariwisataan yang berkelanjutan.

"Kami berharap pemkab mampu mewujudkan masyarakat sadar wisata untuk mendukung tercapainya Sapta Pesona," katanya.

KR-STR