265 calon brigadir Polda DIY dinyatakan lulus

id polda diy

265 calon brigadir Polda DIY dinyatakan lulus

Polda D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak 265 calon anggota brigadir polisi untuk Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta dinyatakan lulus setelah diseleksi dari 3.711 pendaftar polisi wanita maupun polisi pria.

"Mereka berhak mengikuti pendidikan pembentukan brigadir polisi selama tujuh bulan," kata Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Sumber Daya Manusia Polda DIY, Komisaris Polisi Fanky Any Sugiarto dalam jumpa pers di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Fanky, dari 265 yang lolos menjadi brigadir polisi itu meliputi polisi wanita (polwan) sebanyak 50 orang dan polisi pria sebanyak 215 orang.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, maka 265 brigadir polisi itu akan menempuh pendidikan yang teresebar di tiga tempat yakni 215 orang di Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamiro Bantul (DIY), 18 orang di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Jakarta, dan 32 orang di Pusat Pendidikan Pembinaan Masyarakat (Pusdik Binmas) Banyubiru, Jateng.

"Untuk ke Selopamiro dan Sepolwan akan diberangkatkan hari ini (Jumat), dan ke Banyubiru pada 2 Agustus mendatang," kata dia.

Menurut dia, seluruh tahapan seleksi yang meliputi seleksi administrasi, kesehatan, psikologi hingga jasmani dimulai sejak April hingga Juni 2015 dilaksanakan secara bersih, transparan, dan akuntabel dan dipastikan tidak ada peserta titipan.

"Kalau yang mau nitip memang banyak lewat telepon, tapi semua kan kembali ke nilai, kalau nilai sudah keluar mau diapakan," kata dia.

Menurut Fanky, mengenai citra buruk rekrutmen di berbagai instansi memang selalu ada, bahkan tidak hanya di kepolisian. Namun demikian, menurut dia, pihaknya selalu melakukan pembenahan.

Sementara itu, menurut dia, animo masyarakat yang mendaftar sebagai anggota Polri mulai jalur Akademi Kepolisian (Akpol) Brigadir, dan Tamtama Bromob mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Selain itu, jika dilihat dari hasil tes akademik masing-masing peserta juga lebih menarik tahun ini jika dibanding tahun lalu," kata dia.***2***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024