Wagub DIY dorong swasta tekan pengangguran

id wagub diy dorong

Wagub DIY dorong swasta tekan pengangguran

Paku Alam IX (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Paku Alam IX mendorong swasta dapat berpartisipasi aktif membantu menekan angka pengangguran di daerah itu.

"Untuk mengatasi permasalahan pengangguran sangat diperlukan adanya jejaring kerja sama serta partisipasi aktif dari berbagai pihak, swasta dan lembaga-lembaga lainnya," kata Paku Alam IX saat membuka penyelenggaraan Program Pemagangan di DIY di Yogyakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, sesuai data survei tenaga kerja nasional hingga Agustus 2014 penduduk usia kerja di DIY mencapai 2.847.754 orang. Sementara, jumlah penganggur lebih kurang mencapai 67.000 orang.

"Pengangguran tertinggi menurut pendidikan, disumbang sekolah menengah kejuruan (SMK) yang menyumbang 19.000 orang lebih," kata dia.

Menurut Paku Alam, timbulnya persoalan penyerapan tenaga kerja yang berujung pada peningkatan pengangguran bukan hanya disebabkan oleh tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi, melainkan juga ketidakseimbangan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia.

Oleh sebab itu, Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Hera Aprillia mengatakan program pemagangan tahun ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang sesuai kebutuhan perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di perusahaan.

"Sedangkan tujuan magang Luar negeri adalah untuk meningkatkan kualitas SDM guna mewujudkan tenaga kerja yang trampil, kompeten dan produktif dengan meningkatkan peran serta dunia usaha," kata dia.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga penyerahan perlengkapan pemagangan pada para peserta magang yang berjumlah 300 orang serta penyerahan piagam penghargaan kepada para perusahaan tempat magang yang berjumlah sebanyak 38 perusahaan.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Khairul Anwar berharap pemerintah daerah beserta pihak swasta dapat semakin meningkatkan kerja sama dalam memberikan kesempatan calon tenaga kerja mendapatkan pelatihan atau pemagangan.

"Kita semua hendaknya memiliki komitmen dalam memasuki era globalisasi yang sudah menjadi keputusan bersama negara-negara ASEAN untuk mempersiapkan para tenaga kerja kita," kata dia.

(L007)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024