DIY akan menggelar Pawai Pembangunan 2015

id Indonesia

DIY akan menggelar Pawai Pembangunan 2015

Ilustrasi pawai Peringatan HUT RI (Foto ANTARA/Mamiek)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Dinas Pariwisata setempat akan menggelar Pawai Pembangunan 2015 untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 22 Agustus 2015.

"Pawai pembangunan mulai dipersiapkan sebagai acara tahunan yang mencitrakan semangat kemerdekaan," kata Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Iswanto di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, selain sebagai simbol aktualisasi kemerdekaan, pawai pembangunan yang sempat terhenti saat gempa Yogyakarta pada 2007 hingga 2011 itu diselenggarakan dengan tujuan memberikan hiburan masyarakat, sarana promosi, dan informasi bagi masyarakat serta wisatawan.

"Juga sebagai ajang promosi wisata serta pendidikan di Yogyakarta," kata Iswanto

Ia mengatakan pawai pembangunan tahun ini bertujuan sebagai aktualisasi semangat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan aktualisasi pembangunan baik sektor pendidikan, kesehatan maupun seni budaya.

"Sedangkan acara peringatan kemerdekaan tahun ini akan mengangkat tema "70 Tahun Indonesia Merdeka Ayo Kerja"," kata dia.

Menurut dia, pawai pembangunan akan dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB di sepanjang Jalan Malioboro dengan rute mulai Taman Parkir Abubakar Ali hingga panggung kehormatan yang akan didirikan di depan Gedung Agung Yogyakarta.

"Di panggung kehormatan itu para peserta pawai akan melakukan atraksi yang akan disaksikan langsung oleh Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati serta pimpinan SKPD," kata dia.

Ia memperkirakan, pawai pembangunan tahun ini akan lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya yang melibatkan berbagai parade tari kesenian/tradisional se-DIY, drum band Akademi Angkatan Udara (AAU), Paskibraka, serta diikuti perwakilan dari instansi pendidikan, museum, swasta dan perusahaan.

"Tahun lalu ada 75 kontingen, tahun ini bisa lebih namun untuk kepastiannya (peserta pawai) kami masih melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi," kata dia.

(L007)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024