UMY terjunkan 2.535 mahasiswa ke 42 desa

id Mahasiswa KKN

UMY terjunkan 2.535 mahasiswa ke 42 desa

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerjunkan sebanyak 2.535 mahasiswa ke 42 desa di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan kuliah kerja nyata tematik.

"Ke-42 desa itu tersebar di enam kabupaten yakni Kabupaten Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo di DIY serta Kabupaten Magelang dan Purworejo di Jateng," kata Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan, Penelitian, dan Masyarakat (LP3M) UMY Hilman Latief di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, KKN tematik UMY itu akan berlangsung mulai 1 Agustus hingga 4 September 2015. Sebanyak 33 lokasi KKN yang berada di 20 desa merupakan lokasi lama, sedangkan 92 lokasi di 22 desa merupakan lokasi baru yang akan dijajaki kemungkinannya sebagai Desa Mitra.

"Tema-tema KKN pada periode ini dirangkum dalam sebuah tema besar, yakni `Pemberdayaan Ekonomi Umat`," kata Hilman yang juga dosen Fakultas Agama Islam (FAI) UMY.

Ia mengatakan tema besar itu meliputi tema tentang pertanian, peternakan, desa wisata, industri perdesaan, pengembangan kelembagaan masyarakat, peningkatan sumber daya manusia, dan kesehatan masyarakat.

"KKN tematik UMY itu juga melibatkan 36 dosen pendamping lapangan (DPL). Para dosen pendamping itu kami harapkan dapat membimbing mahasiswa sekaligus menjadi pendamping dalam rangka pengembangan masyarakat," katanya.

Menurut dia, KKN tematik UMY itu menjadi arena bagi mahasiswa untuk belajar mengetahui berbagai macam problematika yang timbul dalam kehidupan masyarakat.

"Mahasiswa UMY diharapkan dapat bekerja sama dengan masyarakat setempat, dan menempatkan diri mereka sebagai mahasiswa yang aktif, kreatif, dan inovatif," kata Hilman.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024