Sleman peroleh Satya Lencana Wira Karya Kencana

id sleman satya lencana wirakarya

Sleman peroleh Satya Lencana Wira Karya Kencana

Bupati Sleman Sri Purnomo saat menerima penghargaan Satya Lencana Bidang KB dari Presiden Joko Widodo. (Foto Dok Humas Sleman)

Sleman (Antara Jogja) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali berhasil menorehkan keberhasilan dalam bidang Keluarga Berencana dengan diterimanya penghargaan Satya Lencana Wira Karya Kencana.

"Penghargaan tersebut diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu, 1 Agustus 2015, di Lapangan Sunburst Tangerang Selatan Provinsi Banten bersamaan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasioanal XXII tahun 2015," kata Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Sri Winarti, Senin.

Menurut dia, penghargaan itu diterima Bupati Sleman Sri Purnomo berkat prestasi dalam pembangunan bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Sleman.

"Tema yang diangkat dalam peringatan Harganas XXII ini yakni Harganas merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera," katanya.

Hadir dalam acara itu, Mendagri, Kepala BKKBN Pusat, Gubernur Banten, serta para kader KB se-Indonesia.

Bupati Sri Purnomo, katanya, berharap keberhasilan dalam bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan pada waktu yang akan datang untuk menciptakan keluarga yang harmonis, bahagia, dan sejahtera lahir dan batin di Kabupaten Sleman.

"Ikut mendampingi dalam penerimaan penghargaan ini istri bupati, Kustini Sri Purnomo dan Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, dan Perlindungan Perempuan (KBPMPP) Kabupaten Sleman," katanya.

Sri Winarti mengatakan sejumlah kader dan PLKB dari Sleman juga turut diundang dalam acara itu karena sebelumnya juga ada perwakilan kader KB di Sleman yang ikut lomba di tingkat nasional.

"Sejumlah kader KB Sleman juga berhasil menjadi juara yakni peserta KB Lestari 10 tahun Sugeng Rohmadi dan istri, Suryati, beralamat Kejambon Lor, Sindumartani, Ngemplak sebagai juara I tingkat nasional, peserta KB Lestari 20 tahun Tukino dan istri, Sri Sukarti, beralamat Jalan Lele I Minomartani, Ngaglik sebagai juara I tingkat nasional dan juara II PKB (Penyuluh KB) tingkat nasional Akhiz Isa Ansori (Penyuluh KB Kecamatan Gamping)," katanya.

Ia mengatakan pada 2014 data bidang KB di Kabupaten Sleman meliputi jumlah peserta KB aktif 121.901 peserta dari total PUS sebesar 154.137 peserta (79,09 persen).

"Jumlah peserta KB pria sebanyak 9.815 dari total PUS sebesar 154.137 (6,37 persen), jumlah kelompok BKB 230, jumlah kelompok BKR 155, jumlah kelompok BKL 201, jumlah UPPKS 865," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024