Yogyakarta siapkan 18 pentas kesenian "Art Point"

id pentas seni yogyakarta

Yogyakarta siapkan 18 pentas kesenian "Art Point"

Ilustrasi (Foto antarafoto.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta menyiapkan 18 kali pentas kesenian di tiga "art point" sebagai bagian dari pemanfaatan dana keistimewaan tahun ini.

"Kami akan tampilkan 90 kelompok kesenian dari wilayah untuk mengisi kegiatan di tiga `art point`," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Eko Suryo Maharso di Yogyakarta, Senin.

Kelompok kesenian yang akan tampil di tiga "art point" tersebut dipilih dari sekitar 700 kelompok kesenian di masyarakat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta sengaja memilih kelompok yang sudah berkualitas guna memacu kelompok lain agar mampu berkembang lebih baik.

Tiga "art point" yang sudah disiapkan Pemerintah Kota Yogyakarta berada di Jalan Mangkubumi, Lapangan Sewandanan Puro Pakualaman dan di Lapangan Karang Kotagede.

"Pentas kesenian tersebut akan digelar secara rutin setiap akhir pekan hingga akhir tahun. Sekali pentas, ada lima kelompok yang tampil," katanya.

Selain pentas di "art point", dana keistimewaan yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebudayaan Kota Yogyakarta juga dimanfaatkan untuk pentas budaya di tiap kelurahan. Di Kota Yogyakarta terdapat 45 kelurahan.

"Setiap kelurahan diberi kesempatan untuk mementaskan kesenian dan kebudayaan yang ada di wilayahnya masing-masing. Harapannya, kesenian di masyarakat pun berkembang karena mereka memiliki kesempatan untuk tampil," katanya.

Kegiatan pentas budaya di kelurahan tersebut juga akan digelar hingga akhir tahun.

Pada 2015, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta mengelola dana keistimewaan sekitar Rp10 miliar dari total Rp34 miliar yang dikelola Pemerintah Kota Yogyakarta tahun ini.

Selain untuk mendukung pengembangan budaya, dana keistimewaan tersebut juga dimanfaatkan untuk kegiatan lain, misalnya urusan tata ruang. ***1***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024