Sarihusada berupaya wujudkan komitmen keselamatan kerja karyawan

id sarihusada berupaya wujudkan

Sarihusada berupaya wujudkan komitmen keselamatan kerja karyawan

Manajemen PT Sarihusada Generasi Mahardhika bekerja sama dengan aparat kepolisian memeriksa kendaraan karyawan sebagai wujud komitmen terhadap keselamatan kerja karyawan (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - PT Sarihusada Generasi Mahardhika terus berupaya mewujudkan komitmen keselamatan kerja, di antaranya melalui pemeriksaan kendaraan karyawan di area parkir pabrik di Jalan Kusumanegara Yogyakarta.

"Pemeriksaan kendaraan roda dua dan empat itu bekerja sama dengan kepolisian. Kegiatan itu ditujukan bagi seluruh karyawan yang bekerja di lingkungan Sarihusada," kata Plant Manager Sarihusada Yogyakarta Joko Yulianto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kegiatan itu rutin dilakukan secara mandiri oleh atasan masing-masing karyawan setiap tiga bulan sekali dan setiap enam bulan sekali dilakukan bekerja sama dengan kepolisian.

"Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa karyawan yang hendak berangkat dan pulang kerja, kendaraannya dalam kondisi yang prima untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan," katanya.

Ia mengatakan program itu dilaksanakan sebagai salah satu pengejawantahan komitmen keselamatan PT Sarihusada, di mana saat ini sudah mencapai level "interdependent" yakni "care for others".

Program yang bekerja sama dengan Polresta Yogyakarta itu, kata dia, sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Kepolisian berhak memeriksa kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, dan helm.

"Manajemen Sarihusada memeriksa jadwal `service` kendaraan, kelayakan roda, aki kendaraaan, sedangkan mobil diperiksa juga ketersediaan ban serep, kotak P3K, kunci dongkrak, alat pemadam api ringan, dan rompi pantul cahaya," katanya.

Menurut dia, apabila karyawan belum ada dana untuk mengganti ban atau aki atau yang lainnya, manajemen akan mengarahkan untuk bisa dibantu koperasi karyawan. Apabila saran untuk memenuhi persayaratan tidak dilakukan, selanjutnya akan dilakukan teguran dan pelarangan parkir di lingkungan Sarihusada.

Perusahaan, kata dia, berusaha memastikan karyawan berangkat kerja dengan selamat dan tiba kembali di rumah dengan selamat. Perusahaan berharap kegiatan seperti ini menginspirasi pihak lain untuk melakukan hal yang sama, sebagai salah satu wujud komitmen terhadap keselamatan kerja karyawan.

"Sarihusada sebagai produsen makanan dan minuman bernutrisi untuk ibu dan anak selalu berusaha memenuhi komitmen keselamatan, baik keselamatan konsumen melalui produk yang dibuat maupun karyawan di lingkungan pabrik maupun di luar lingkungan pabrik," kata Joko.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024