70TH Ri - Sultan ajak generasi muda perjuangkan produk lokal

id sri sultan hb x

70TH Ri - Sultan ajak generasi muda perjuangkan produk lokal

Sri Sultan HB X (Foto Antara/Wahyu Putro)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X mengajak generasi muda memaknai kemerdekaan dengan berani memperjuangkan produk lokal untuk bersaing dengan produk luar negeri dalam menghadapi pasar global.

"Jangan sampai anak muda sekarang ini hanya bangga untuk menjual produk asing bagi bangsanya sendiri," kata Sultan seusai memimpin Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia (RI) di Gedung Agung, Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, dalam menghadapi era globalisasi, generasi muda sebagai anak bangsa harus mampu membangun rasa kebangsaan lebih besar.

Caranya, menurut dia, antara lain dengan tetap mempertahankan produk-produk dalam negeri mampu menahan gempuran produk-produk asing, dan selanjutnya menjadikan produk lokal dapat beraing dan eksis sebagai produk global.

"Nah tinggal bagaimana anak muda sekarang ini punya kemampuan berkompetisi, karena pada era globalisasi nanti tidak ada produk lokal, yang ada produk global," kata Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini.

Selain itu, dia menambahkan, di sisi lain generasi muda juga harus mampu mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan memupuk rasa kebersamaan kebangsaan dengan menghargai dan menyadari kemajemukan.

Menurut Sultan, apabila kesadaran itu betul-betul telah dimiliki oleh bangsa Indonesia, seharusnya dominasi mayoritas dan minoritas tidak akan terjadi.

"Jadi jangan hanya bicara bahwa kemajemukan itu sudah satu, tapi kita juga harus punya kesadaran bahwa yang satupun harus menghargai kemajemukan," kata dia.***3***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024