Bantul harapkan FKY tingkatkan daya tarik pariwisata

id festival kesenian yogyakarta

Bantul harapkan FKY tingkatkan daya tarik pariwisata

Ilustrasi Festival Kesenian Yogyakatra (antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan Festival Kesenian Yogyakarta yang menampilkan berbagai potensi seni dan budaya masing-masing daerah dapat meningkatkan daya tarik pariwisata setempat.

"Potensi seni budaya yang berkembang di Bantul dan ditampilkan dalam kegiatan ini diharapkan bisa jadi wahana dalam meningkatkan daya tarik pariwisata Bantul," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bantul, Suyoto saat pembukaan FKY, di Bantul, Kamis.

FKY merupakan even seni budaya tahunan yang digelar di empat kabupaten dan kota se-DIY, dan pada FKY Bantul kali ini digelar pada 21-26 Agustus di tiga lokasi yang pada pembukaan Kamis (20/8) ini diramaikan pawai budaya dari kelompok kesenian.

Menurut dia, pawai budaya dalam rangka pembukaan FKY inidiikuti sebanyak 34 kelompok kesenian wakil terbaik dari masing-masing kecamatan, sehingga pihaknya memberikan apresiasi kepala masyarakat pelaku budaya se Bantul.

"Saya harap kegiatan ini juga dapat menjadi kalender tahunan dan even yang ada di nusantara, karena kita melihat bahwa FKY yang juga digelar di Bantul ini hakekatnya merupakan upaya dalam pelestarian budaya," kata Suyoto.

Pihaknya juga berharap para budayawan dan seniman yang ada di Bantul khususnya semakin banyak berkreasi, berinovasi dan terus berpartisipasi dalam kegiatan seni budaya seperti pada FKY ini, sehingga potensi seni budaya Bantul makin berkembang.

"Karena itu, kami berharap kegiatan festival ini dapat berjalan lancar dan sukses serta mendapat dukungan dari masyarakat, pelaku seni budaya serta pemerintah," kata Suyoto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Bambang Legowo mengatakan, FKY 2015 ini merupakan festival ke-27, yang mana pada FKY Bantul digelar pada 21-26 Agustus di tiga lokasi, yakni Bantul timur, tengah dan barat yang mewakili masing-masing wilayah.

"Pawai FKY Bantul ini juga bagian dari menaikkan tensi kecintaan masyarakat pada seni budaya di Bantul, dengan harapan seni budaya yang ada terus berkembang dan meningkat kualitasnya demi kesejahteraan rakyat," katanya.***1***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024