Kontes roket air Taman Pintar semakin diminati

id kontes roket air

Kontes roket air Taman Pintar semakin diminati

Sejumlah peserta sedang bersiap dalam kontes roket air Taman Pintar di Lapangan SMA 3 Yogyakarta. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Kontes Roket Air yang diselenggarakan Taman Pintar Yogyakarta semakin diminati sehingga peserta tidak hanya berasal dari DIY dan Jawa Tengah saja tetapi dari Surabaya bahkan Palembang.

Tahun ini, ada peserta dari luar DIY dan Jawa Tengah yang datang meramaikan kontes. Artinya, Kontes Roket Air Taman Pintar semakin dikenal dan berkembang dengan baik, kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di sela pelaksanaan kontes di Yogyakarta, Sabtu.

Pada penyelenggaraan tahun ke tujuh, Kontes Roket Air Taman Pintar diikuti sebanyak 187 peserta yang terdiri dari 121 tim tingkat SMP dan sederajat serta 66 tim dari tingkat SMA/SMK.

Tim dari SMP mengkuti kategori tembak sasaran junior, sedangkan tim SMA/SMK mengikuti kategori tembak sasaran senior. Jumlah peserta tahun ini meningkat dibanding tahun lalu sebanyak 115 tim.

Yunianto mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan motivasi kepada pelajar untuk mengenal teknologi roket guna mendukung pengembangan bidang kedirgantaraan.

Kegiatan ini juga merupakan upaya Taman Pintar untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan kurikulum pendidikan dasar dan menengah, katanya.

Pada tahun lalu, peserta kontes roket air dari Taman Pintar, Assifa Nur Fadilla sempat dikirim mengikuti kejuaraan serupa di Jepang.

"Kami upayakan setiap tahun ada prestasi yang bisa diraih peserta kontes roket air," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan kontes roket air ini tidak hanya semata-mata ditujukan untuk membuat roket yang mampu mengenai sasaran dengan tepat.

Peserta juga diajak untuk terus berinovasi guna pengembangan teknologi. Ada aplikasi teknologi baru yang diterapkan karena teknologi selalu berkembang. Jangan kalah dengan laju perkembangan tenologi yang ada, katanya.

Haryadi juga meminta agar juara dari kontes roket air tersebut terus mendapat pembinaan yang berkelanjutan dari Taman Pintar sehingga kemampuan peserta juga akan terus berkembang.***4***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024