Dishub siapkan pengaturan lalu lintas pemberangkatan haji

id haji

 Dishub siapkan pengaturan lalu lintas pemberangkatan haji

Ilustrasi calon haji (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan pengaturan lalu lintas kendaraan di seputar Lapangan Paseban kompleks perkantoran pemerintah setempat saat pemberangkatan calon haji 2015.

"Pengaturan arus lalu lintas kendaraan di seputar Lapangan Paseban dalam rangka tertib lalu lintas, karena diperkirakan ada ribuan pengantar yang akan melepas keberangkatan calon haji," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito di Bantul, Kamis.

Menurut dia, seluruh calon haji asal Bantul berjumlah 615 orang sebelum diberangkatkan akan dilepas oleh Bupati Bantul di Pendopo Parasamya pada 28 Agustus dan 29 Agustus, sehingga dipastikan lalu lintas kendaraan pengantar akan memadati kawasan tersebut.

Ia mengatakan, di kawasan Lapangan Paseban depan Kantor Pemkab Bantul tersebut terdapat sejumlah ruas jalan sebagai akses kendaraan keluar masuk kawasan, sehingga agar tidak terjadi keruwetan lalu lintas, arus kendaraan diatur dan dialihkan.

"Arus kendaraan kami urai mulai Jumat (28/8) sore pukul 15.00 WIB sampai bus (yang mengangkut rombongan haji) berangkat sekitar pukul 18.00 WIB, kemudian pada Sabtu (29/8) pagi dari jam 03.00 WIB sampai jam 06.00 WIB, mohon warga sekitar bisa memaklumi," katanya.

Menurut dia, secara teknis pengaturan arus kendaraan di seputaran Lapangan Paseban di antaranya dengan menutup sejumlah ruas jalan menuju lokasi kantor Pemkab Bantul khusus untuk kendaraan bukan pengantar dengan menempatkan sejumlah personel instansinya.

"Jalan yang ditutup adalah Jalan RE Martadinata dari arah timur (menuju komplek Paseban) dan Jalan Agus Salim, bagi kendaraan pengantar diarahkan hanya melalui satu pintu APILL dari arah timur, itu pun kendaraan pribadi," katanya.

Ia mengatakan sedangkan bus rombongan pengantar jamaah haji akan diatur melewati dari arah selatan, dan diarahkan agar memarkirkan kendaraan di wilayah selatan, supaya arus kendaraan seputaran lapangan tidak terhambat.

Sementara itu, Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ponijo mengatakan, kuota calon haji Bantul yang diberangkatkan ke Saudi Arabia pada 2015 yang sebanyak 615 orang mengalami penurunan dibanding kuota 2014 yang sebanyak 635 orang.

Menurut dia, penurunan kuota calon haji Bantul tersebut karena ada penurunan kuota haji Indonesia secara nasional sebesar 20 persen menyusul adanya pembangunan dan renovasi gedung di kawasan penyelenggaraan ibadah haji itu.

"Kuota calon haji DIY sebelumnya 3.028 orang, sedangkan tahun ini 2.455 orang, sehingga untuk kabupaten/kota di DIY juga mengalami penurunan, kami harap tahun depan kuota kembali ke semula," katanya.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024