KPU Sleman targetkan partisipasi pemilih 85 persen

id KPU Sleman

KPU Sleman targetkan partisipasi pemilih 85 persen

KPUD Sleman (Foto)

Sleman (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan partisipasi pemilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 Desember 2015 bisa mencapai 85 persen.

"Target ini lebih tinggi dibanding partisipasi pada pemilu legislatif 2014 yang hanya 81 persen," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman Ahmad Shidqi, Senin.

Menurut dia, menghadapi Pilkada serentak 9 Desember 2015 pihaknya terus melakukan berbagai persiapan untuk kesuksesan pesta demokrasi tingkat daerah ini, termasuk partisipasi pemilih yang maksimal.

"Kami terus berupaya melakukan sosialisasi dan menyampaikan berbagai informasi pelaksanaan Pilkada 2015 kepada seluruh masyarakat. Upaya ini kami lakukan di antaranya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terutama pemilih pemula," katanya.

Ia mengatakan, dengan sosialisasi yang terus menerus diharapkan tingginya partisipasi pemilih bukan hanya pada aspek kuantitatif, namun juga penggunaan hak pilih didasari atas kesadaran politik masyarakat yang telah memiliki hak pilih.

"Kami akan semakin gencar melakukan pendidikan politik bagi masyarakat pemilih dan melakukan sosialisasi secara efektif," katanya.

Pilkada di Kabupaten Sleman akan diikuti dua pasangan calon. Kedua calon bupati, Sri Purnomo dan Yuni Satia Rahayu, saat ini menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Sleman.

Sri Purnomo berpasangan dengan Sri Muslimatun diusung koalisi partai politik PAN, Nasdem, Demokrat, PKB, Golkar, PPP, serta Hanura dan PBB, sedangkan Yuni Satya Rahayu yang berpasangan dengan Danang Wicaksana yang diusung PDIP, Gerindra, serta PKS.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024