KPU Bantul bersiap pengadaan alat kelengkapan TPS

id kpu bantul bersiap

KPU Bantul bersiap pengadaan alat kelengkapan TPS

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersiap melakukan pengadaan alat kelengkapan untuk seluruh tempat pemungutan suara di wilayah setempat dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember 2015.

"Terkait kesiapan logistik, tahapan yang akan segera kami lakukan pada September ini mau pengadaan alat kelengkapan TPS dan tinta sidik jari," kata Komisioner KPU Bantul, Divisi Logistik dan Keuangan Didik Joko Nugroho di Bantul, Senin.

Menurut dia, alat kelengkapan TPS Pilkada tersebut di antaranya alat pencoblos kertas suara beserta bantalan, kemudian alat tulis kantor (ATK) untuk masing-masing anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tiap TPS.

Ia mengatakan, total ada sebanyak 1.768 TPS yang disiapkan panitia penyelenggara pemilihan di sekitar 900 pedukuhan dari 75 desa se Bantul untuk proses pemungutan suara pada Pilkada 9 Desember 2015.

"Sebelumnya proses pengosongan kotak suara (mengeluarkan surat suara hasil pemilu presiden) dan atur bilik sudah selesai pekan lalu, kotak suara yang dibutuhkan sejumlah TPS, sementara bilik kebutuhannya masing-masing TPS berjumlah tiga buah," katanya.

Didik mengatakan, kotak suara dan bilik suara yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Pilkada mendatang memanfaatkan logistik bekas pelaksanaan Pilpres 2014, yang sebelumnya disimpan di Gudang KPU Bantul.

Didik mengatakan, setelah proses pengadaan alat kelengkapan TPS selesai, maka tahapan selanjutnya adalah pencetaka surat suara yang paling cepat akan dilaksanakan pada Oktober 2015 setelah penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Bantul pada awal bulan depan.

"Untuk surat suara belum, karena penetapan DPT Pilkada baru akan dilakukan pada 2 Oktober, setelah itu baru proses pengadaan surat suara, karena dalam pencetakan surat suara Pilkada mengacu pada angka DPT," kata dia.

Didik mengatakan, pada Oktober tersebut lembaganya juga melakukan pengadaan formulir penghitungan suara hasil pemilihan, termasuk diantaranya menyiapkan template `braille` atau alat bantu memilih untuk tuna netra.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024