Saparan Bekakak terbaik Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi

id saparan bekakak

Saparan Bekakak terbaik Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi

Ilustrasi, Saparan Bekakak (Foto Disbudpar Sleman)

Sleman, (Antara Jogja) - Bregada upacara adat Saparan Bekakak dinyatakan sebagai penyaji terbaik pertama dalam Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Minggu 27 September 2015 dengan perolehan nilai 725.

"Dengan demikian kontingen dari Kecamatan Gamping ini berhak atas tropi dan uang pembinaan sebesar Rp8 juta," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Senin.

Menurut dia, sebagai penyaji terbaik kedua Komunitas Mahasiswa Bali yang memperoleh tropi dan uang pembinaan Rp6,5 juta, penyaji terbaik ketiga kontingen Fakultas Tehnik UNY yang memperoleh tropi dan uang pembinaan Rp5 juta.

"Sedangkan untuk harapan pertama kontingen Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang memperoleh tropi dan uang pembinaan Rp4 juta, harapan ke dua kontingen Kota Surabaya, Jawa Timur, yang berhak atas tropi dan uang pembinaan Rp3,5 juta, harapan ke tiga kontingen Bregada Wareng Caki dari Kecamatan Tempel yang berhak atas tropi dan uang pembinaan Rp3 juta," katanya.

Ia mengatakan, dewan juri dalam Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi 2015 tersebut adalah Ketua Dewan Kebudayaan DIY Djoko Dwiyanto, pengajar Teater ISI Yogyakarta Suharyoso, dan Dosen P4TK Yogyakarta Sigit Purnomo.

Selain itu untuk juara lomba Pawai Seni Tiga Dimensi/ Ogoh-Ogoh yang berlangsung Jumat 25 September, sebagai penyaji terbaik pertama Kecamatan Seyegan, penyaji terbaik kedua Kecamatan Moyudan, terbaik ketiga Kecamatan Mlati, harapan satu Kecamatan Pakem, harapan dua Kecamatan Cangkringan.

"Secara berturut-turut kelima pemenang berhak atas tropi dan uang pembinaan sebesar Rp3 juta, Rp2,5 juta, Rp2 juta, Rp1,25 juta untuk penyaji terbaik harapan satu dan harapan dua," katanya.

Ia mengatakan untuk Kirab Bregada Prajurit yang berlangsung Sabtu 27 September sebagai penyaji terbaik pertama Bregada Songsong Wirosuto dari Kecamatan Gamping, penyaji terbaik kedua Bregada Umbul Kamulyan dari Kecamatan Kalasan, penyaji terbaik ketiga Bregada Sastro Wilogo dari Kecamatan Moyudan.

"Kemudian penyaji terbaik keempat Bragada Pangeran Purboyo dari Kecamatan Berbah, terbaik kelima Bragada Ki Ageng Wonolelo dari Ngemplak," katanya.

Ayu mengatakan, dengan demikian kelima penyaji terbaik tersebut berhak atas tropi dan uang pembinaan sebesar masing-masing Rp6 juta, Rp5 juta, Rp4 juta, Rp3 juta, dan Rp2 juta.

"Selain itu juga diberikan penghargaan kepada para pemenang lomba foto potensi pariwisata dan UKM, lomba foto `on the spot` atas kerja sama dengan Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman dan lomba foto selfie bersamaan dengan pelaksanaan Jelajah Wisata pada 30 Agustus 2015," katanya.

Pemenang lomba foto ragam pesona wisata adalah Juara 1 Toni Suria Kurniadi dengan hadiah Rp5 juta, Juara dua Giri Wijayanto dengan hadiah Rp3,5 juta, Juara tiga Rezky Puspitasari dengan hadiah Rp2,5 juta, Juara harapan 1 Boy T. Harjanto dengan hadiah Rp1,75 juta, Juara harapan 2 Fadli Suandi dengan hadiah Rp1,25 juta.

Pemenang lomba foto potensi UKM, yakni Juara 1 Bambang Wirawan dengan hadiah Rp5 juta, Juara 2 Giri Wijayanto dengan hadiah Rp3,5 juta, Juara 3 Jeffry Hanafiah dengan hadiah Rp2,5 juta, Juara Harapan 1 Gunawan Priyo Jatmiko dengan hadiah Rp1,75 juta, Juara Harapan 2 Budi Purnomo dengan hadiah Rp1,25 juta.

Kemudian pemenang lomba foto "on the spot" pada 13 September 2015 di kawasan Kaliurang adalah Juara 1 Fakdus dengan hadiah Rp1,5 juta, Juara 2 Much Zaidi Mahadi dengan hadiah Rp1 juta, Juara 3 Pitoet N dengan hadiah Rp750 ribu, Juara Harapan 1 Ahmad Nashirudin dengan hadiah Rp500 ribu, Juara Harapan 2 Chr Andi Nurharyanto dengan hadiah Rp250 ribu.

"Dua pemenang lomba foto selfie yaitu "Ternyata Sleman potensi alamnya istimewa" karya Heri Hermawan dan "Trekking Keluarga di Lava Bed hasil erupsi 2006" karya Eko Mulyanto, yang masing-masing berhak atas hadiah sebesar Rp500 ribu," katanya.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024