Pameran produk ekspor daerah diikuti 127 stan

id pameran

Pameran produk ekspor daerah diikuti 127 stan

ilustrasi ANTARA FOTO/Noveradika/14 ()

Bantul (Antara Jogja) - Pameran produk ekspor daerah yang diselenggarakan Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta di Jogja Expo Center, pada 9 sampai 13 Oktober 2015 diikuti sebanyak 127 stan kerajinan.

"Pameran menampilkan 127 stan yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindagkop dan UKM DIY, Rahayu Sri Lestari saat pembukaan pameran di JEC, Bantul, Jumat.

Menurut dia, Pameran Produk Ekspor Daerah 2015 ini terselenggara atas kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY dan mendapat dukungan Kementerian Perindustrian RI, yang pada penyelenggaraan ini merupakan yang ke-20.

"Pameran ini merupakan ajang promosi produk-produk daerah yang bersifat nasional dari DIY, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan produk daerah menjadi produk unggulan dan dukung peningkatan ekspor nasional," katanya.

Berbagai produk kerajinan yang ditampilkan dalam pameran ini, kata dia, di antaranya furniture, aneka kerajinan tangan dan pendukungnya, aksesoris dan hiasan rumah, hingga berbagai produk makanan dan minuman olahan.

Ia juga mengatakan, semua peserta pameran yang menempati stan kerajinan mulai dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga pengusaha tidak dibebankan biaya, karena sudah difasilitasi pemerintah pusat dan daerah.

Dalam Pameran Produk Ekspor Daerah ini, lanjut dia, juga menampilkan sejumlah lembaga perbankan yang sudah menjadi mitra pemerintah, agar nantinya bisa menjalin komunikasi dengan pelaku UMKM guna membuka akses dalam permodalan.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024