Bantul akan menggelar pertandingan tinju profesional

id tinju

Bantul akan menggelar pertandingan tinju profesional

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Kantor Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama pengurus Persatuan Tinju Amatir Indonesia akan menggelar pertandingan tinju profesional di Gedung Gapensi Bantul, pada 10 Januari 2015.

"Sudah direkomendasikan oleh penjabat bupati agar bisa dilaksanakan tinju profesional di Bantul. Kami siap menggelar tinju profesional sabuk emas bupati Bantul," kata Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Bantul, Supriyanto Widodo di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pertandingan tinju profesional tersebut akan mempertemukan Galih, petinju asli Kabupaten Bantul yang pernah menjadi juara nasional Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) dengan Eri Slaber, Juara Nasional (Jurnas) Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI).

Ia mengatakan, rencana awal tinju profesional tersebut akan digelar pada sekitar bulan November 2015, namun karena pada Desember bertepatan dengan penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bantul maka diundur menjadi 10 Januari 2016.

"Dalam pembinaan olahraga ada yang harus dilaksanakan diantaranya olahraga prestasi di bawah KONI, di luar itu kami akomodasi pengembangan olahraga lainnya yakni tinju profesional agar semua olahraga berkembang," katanya.

Sementara itu, promotor pertandingan, Suprapto mengatakan, pertandingan yang akan mempertandingkan partai utama Galih dengan Eli Slaber dan empat partai tambahan profesional ini bertujuan meningkatkan prestasi olahraga khususnya atlet tinju profesional.

"Ada lima partai pertandingan, pertama Galih melawan Eli Slaber, yang mana akan main kelas bulu yunior (55,4 kg) dan diawasi Badan Komisi Tinju Indonesia, kemudian ditambah empat partai tambahan, akan tapi belum bisa sampaikan," katanya.

Ia mengatakan, pertandingan tinju profesional Januari 2016 ini akan menjadi yang pertama kali di Bantul dalam even yang dipromotorinya setelah sebelumnya pihaknya juga sukses menggelar pertandingan serupa di Gunung Kidul pada September 2015.

"Kami berharap melalui pertandingan tinju profesional ini bisa memunculkan lebih banyak petinju daerah yang bisa tampil di tingkat nasional, selain itu mengangkat lebih banyak petinju amatir ke jenjang profesional," kata Suprapto.***4***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024