Operasi Progo Polres Bantul tilang 120 pengendara/hari

id operasi zebra

Operasi Progo Polres Bantul tilang 120 pengendara/hari

Ilustrasi, Operasi Zebra (Foto Antara/Mamiek)

Bantul, (Antara Jogja) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menilang 120 pengguna kendaraan bermotor per hari selama Operasi Progo 2015 yang digelar sejak beberapa hari lalu.

"Kami sering melakukan razia pelanggaran kasat mata, dan hasilnya memang masih cukup banyak ditemukan pelanggaran, sehari rata-rata bisa 120 pelanggaran," kata KBO Wakil Kepala Sat Lantas Polres Bantul, Ipda Nanang Trinovian di Bantul, Kamis.

Menurut dia, hal tersebut menunjukkan masih tingginya pelanggaran lalu lintas oleh pengguna jalan di wilayah Bantul setiap hari, padahal aparat kepolisian sudah melakukan sosialisasi dan razia untuk menekan angka pelanggaran tersebut.

Nanang mengatakan, selama masa Operasi Progo ini pihaknya memang tidak hanya mengeluarkan tilang ketika razia, namun juga langsung melakukan tilang ketika ditemukan ada kendaraan yang melakukan pelanggaran kasat mata.

"Pelanggaran lalu lintas mayoritas didominasi pengendara sepeda motor roda dua dan sebagian kecil pengendara roda empat," kata dia.

Namun demikian, menurut dia, tidak sedikit pengguna kendaraan roda empat yang tidak mengindahkan aturan keselamatan lalu lintas, yang meayoritas baik pengemudi ataupun penumpang mobil tidak mengenakan sabuk pengaman.

Padahal, kata dia, sabuk pengaman yang terdapat di setiap roda empat tersebut diciptakan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko kecelakaan yang lebih besar.

"Kalau pelanggaran roda dua masih banyak yang tidak mengenakan helm dan tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi)," katanya.

Sementara itu, Kapolres Bantul, AKBP Dadiyo mengatakan, pihaknya gencar memberikan pemahaman terhadap pengguna kendaraan bermotor untuk lebih hati-hati dan tetap mengindahkan peraturan berlalulintas, mengingat angka kecelakaan lalu lintas cenderung tinggi.

"Masih menjadi pekerjaan rumah kami, karena angka kecelakaan lalu lintas saat ini cukup tinggi," katanya.***2***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024