Yogyakarta luncurkan program Promosi Kesehatan di Sekolah

id kesehatan

Yogyakarta luncurkan program Promosi Kesehatan di Sekolah

Dinas Kesehatan Pemkot Yogyakarta (Foto Jogja.antaranews.com)

Jogja (Antara) - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta meluncurkan program Promosi Kesehatan di Sekolah dengan fokus sasaran pada seluruh sekolah dasar di kota tersebut.

"Siswa sekolah dasar bisa menjadi agen perubahan yang baik untuk lingkungan di sekolah maupun di rumah masing-masing. Oleh karena itu, mereka menjadi sasaran program ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Fita Yulia di sela peluncuran program di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Fita, program tersebut diluncurkan karena paradigma kesehatan bukan lagi kuratif, tetapi lebih mengarah pada preventif dan promotif, yaitu melakukan upaya untuk menjaga kesehatan.

Pendekatan dan pengenalan pola hidup bersih dan sehat kepada anak-anak usia sekolah dasar dilakukan dengan cara yang menyenangkan yaitu melalui gerak dan lagu yang rutin diputar setiap hari saat jam istirahat.

Pengenalan pola hidup bersih dan sehat dengan gerak dan lagu dilakukan karena anak-anak usia sekolah dasar masih memiliki kebiasaan meniru orang lain.

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menyiapkan enam lagu bertema kesehatan untuk diputar di 165 sekolah dasar di antaranya lagu tentang pentingnya imunisasi, makanan bergizi, dan dampak buruk merokok. Lagu-lagu tersebut diciptakan oleh guru di Kota Yogyakarta dan dinyanyikan oleh siswa dari Kota Yogyakarta.

"Harapannya, lagu-lagu yang diputar setiap hari tersebut benar-benar tertanam di pikiran mereka sehingga kebiasaan yang diajarkan melalui lagu-lagu itu akan benar-benar tertanam dalam keseharian mereka," tuturnya.

Kepala Bidang Promosi Pengembangan dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tri Mardaya mengatakan, lagu-lagu yang diputar di sekolah dasar akan terus diperbarui setiap tahunnya.

"Kami juga berencana melakukan promosi kesehatan melalui video berisi contoh-contoh pola hidup bersih dan sehat. Misalnya, cara mencuci tangan dengan benar. Harapannya, pola hidup bersih dan sehat menjadi sebuah kebiasaan dan budaya sejak dini," ucapnya.

Selain di sekolah, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga memiliki program promosi kesehatan melalui tempat-tempat ibadah, khususnya masjid.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang meluncurkan program tersebut mengatakan bahwa pola hidup bersih dan sehat seharusnya menjadi kebiasaan yang harus ditanamkan sejak dini.

"Pola hidup bersih dan sehat itu sangat penting untuk mewujudkan generasi yang sehat dan pintar," imbuhnya.

 (E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024