Menpora luncurkan "Pemuda Indonesia Magang"

id menpora iman nahrawi

Menpora luncurkan "Pemuda Indonesia Magang"

Menpora Imam Nahrawi mengunjungi stand-stand hasil kerajinan para pemuda di Komplek Candi Prambanan, Minggu (15/11). Sebelumnya di tempat yang sama Menpora meluncurkan program "Pemuda Indonesia Magang". (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman, (Antara Jogja) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meluncurkan program "Pemuda Indonesia Magang" yang digagas Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda di Lapangan Siwa Mandala, Komplek Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

"Ini komitmen pemerintah mendorong lebih banyak lagi muncul wirausahawan baru dengan mendidik dan melatih kaum muda agar dapat menjadi wirausahawan," kata Imam Nahrawi.

Menurut dia, sasaran dari program ini adalah kaum muda, khususnya di pedesaan agar mereka dapat menggali potensi pribadi maupun potensi yang ada di wilayahnya sebagai modal awal menjadi wirausaha.

"Bahkan dari mereka ini merupakan sarjana penggerak pedesaan, kita biayai mereka selama satu tahun untuk terjun langsung di desa-desa. Diharpapkan mereka dapat menggali potensi yang ada di desa, dan ke depan kami harapkan para pemuda desa bisa menjadi pebisnis yang hebat," katanya.

Ia mengatakan setelah mendapatkan pelatihan tentunya para pemuda juga tidak dapat langsung berjalan sendiri karena mereka butuh permodalan untuk mengawali usahanya.

"Kami akan mengajak pengusaha dan kalangan perbankan untuk bisa membantu permodalan bagi mereka ini, sehingga mereka dapat memulai untuk menciptakan usaha-usaha ekonomi dan kreatif," katanya.

Imam mengagatakan, untuk pemasaran, selain mereka dirangsang untuk mampu memasarkan sendiri produknya baik secara langsung maupun secara "online", Kementerian Pemuda dan Olah raga juga akan membantu pemasaran dengan melibatkan para usahawan muda ini dalam pameran-pameran produk.

"Kami akan menyertakan mereka dalam pameran-pameran. Bahkan nanti di kegiatan Jambore Pemuda kami akan memfasilitasi mereka dengan kegiatan pameran produk ekonomi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Menpora Imam Nahrawi juga berkesempatan melihat langsung stand-stand hasil kerajinan para pemuda dan sarjanan penggerak pedesaan yang menampilkan berbagai produk usaha baik kerajinan batik, kerajinan fashion hingga kreasi-kreasi kuliner.

"Saya merasa puas dengan hasil kreasi para pemuda ini, saya kira ini suatu kreatifitas yang luar biasa. Kemudian bagaimana kita bisa membantu pemasaran. Ini produk lokal yang tidak kalah dengan produk pabrikan maupun produk luar, hanya masalah pengemasan saja perlu diperbaiki," katanya.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024