Sleman gelar kejuaraan sepak bola pelajar SMP-SMA

id sepak bola pelajar

Sleman gelar kejuaraan sepak bola pelajar SMP-SMA

Ilustrasi

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar kejuaraan sepak bola pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK untuk mencari bibit pesepak bola berbakat dan menjalin silaturahmi antarpelajar.

Kejuaraan Sepak Bola Pelajar ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekretaris Daerah Iswoyo Hadiwarno mewakili Bupati Sleman di Stadion Tridadi Sleman, Senin.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan kejuaraan sepak bola pelajar ini diikuti enam tim dari SMA/SMK dan enam tim SMP.

"Pertandingan untuk tim SMA/SMK dilangsungkan di Stadion Tridadi Sleman dan untuk tim SMP bertempat di Lapangan Pendowoharjo, Sleman. Pertandingan diselenggarakan setengah kompetisi," katanya.

Menurut dia, tujuan pertandingan sepak bola pelajar SMP dan SMA/SMK ini untuk menyeleksi tim sepak bola pelajar Kabupaten Sleman baik SMP maupun SMA/SMK untuk mewakili kejuaraan tingkat Provinsi DIY.

"Kejuaraan ini sekaligus mencari bibit atlet sepak bola yang handal serta ajang silaturahmi pelajar pemain sepak bola," katanya.

Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Penjabat Sekda Kabupaten Sleman Iswoyo Hadiwarno mengatakan penyelenggaraan kejuaraan olahraga ini seyogyanya merupakan media bagi para peserta untuk dapat menyalurkan dan menggali bakat serta potensi yang dimiliki dan sebagai ajang penempaan mental.

"Kegiatan ini juga menjadi media seleksi dan pembentukan calon-calon atlet khususnya pada bidang sepak bola, sekaligus menjadi media mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar siswa sekolah di Kabupaten Sleman," katanya.

Menurut dia, keberhasilan pembinaan atlet-atlet tidak hanya dipengaruhi faktor latihan dan sarana-prasarana latihan saja, namun juga adanya kesempatan untuk bertanding dan berkompetisi guna mempraktekkan ilmu dan wawasan yang telah diperoleh guna menambah pengalaman dan mema tangkan teknik dan strategi yang telah diberikan pelatih.

"Dengan seringnya mengikuti berbagai kejuaraan maka mental para atlet akan terlatih dalam menghadapi berbagai tekanan, baik dari lawan maupun para supporternya. Sehingga akan membentuk mental yang kuat dan tangguh, maka seorang atlet akan lebih fokus dalam menghadapi strategi lawan dan pertandingannya," katanya.

Bupati mengharapkan kepada para pemain sepakbola agar dapat mempersembahkan performa terbaiknya dalam kejuara ini.

"Semoga melalui kegiatan ini dapat membuka peluang kesempatan yang lebih besar kedepannya," katanya.

Ia juga mengimbau peserta kejuaraan sepak bola Tingkat Kabupaten Sleman dapat menjaga nama baik sekolah masing-masing, mengingat peserta kejuaraan merupakan duta sekolah.

"Bertandinglah secara sportif dan maksimal," katanya.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024