Pemerintah Kota Yogyakarta pamerkan 120 inovasi instansi

id pemkot

Pemerintah Kota Yogyakarta pamerkan 120 inovasi instansi

Pemkot Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta memamerkan 120 karya inovasi dari setiap satuan kerja perangkat daerah dan instansi di lingkungan pemerintah daerah itu sebagai hasil penunjukan Kota Yogyakarta sebagai laboratorium inovasi daerah.

"Setelah menjalani pendampingan, maka hari ini dilakukan `display` seluruh karya inovasi dari setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta," kata Kabag Organisasi Pemerintah Kota Yogyakarta Kris Sardjono Sutedjo di Yogyakarta, Kamis.

Festival Inovasi Daerah digelar di halaman Taman Pintar Yogyakarta selama tiga hari berturut-turut, 19-21 November.

Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki 93 SKPD dan instansi, namun terdapat 120 karya inovasi yang dipamerkan sehingga terdapat beberapa instansi yang menelurkan lebih dari satu inovasi.

Sejumlah inovasi yang ditampilkan di antaranya Taman Lalu Lintas dari Dinas Perhubungan, Kampung Tangguh Bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta pameran program unggulan dari tiap kecamatan.

Kris berharap, setiap SKPD dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta terus mengembangkan kreativitasnya untuk melahirkan inovasi-inovasi baru guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Pelaksanan inovasi di lingkungan pemerintah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja. "Harapannya, inovasi bisa menjadi budaya kerja pemerintah daerah," katanya.

Sementara itu, Peneliti Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Abdul Muis mengatakan, memberikan apresiasi terhadap keberanian Kota Yogyakarta yang mengajukan diri menjadi laboratorium inovasi daerah.

"Inovasi ditujukan menggugah semangat setiap SKPD dan instansi untuk meningkatkan kualitas kinerja sekaligus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat," katanya.

Ia berharap, langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta bisa menjadi rujukan bagi pemerintah daerah lain yang ingin melakukan inovasi daerah.

Sejumlah pemerintah daerah yang sudah menerapkan inovasi daerah di antaranya Muara Enim, Majalengka, Ciamis dan yang baru saja mulai melakukan inovasi adalah Pontianak.

"Sebarkan virus inovasi ini ke seluruh pemerintah daerah lain," katanya. *
E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024