GKR Hemas donasikan gajinya untuk "Mugi Waras"

id gkr hemas

GKR Hemas donasikan gajinya untuk "Mugi Waras"

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas (Foto Antara/Hery Sidik)

Sleman, (Antara Jogja) - Wakil Ketua DPD RI GKR Hemas mendonasikan gajinya bulan Desember 2015 dan Januari 2016 kepada Bina Keluarga Lansia "Mugi Waras", Blendung, Sumbersari, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Saya merasa salut dengan kegiatan di Bina Keluarga Lansia (BKL) `Mugi Waras` ini," kata GKR Hemas saat berkunjung di BKL "Mugi Waras", Senin.

Gaji GKR Hemas sebagai Wakil Ketua DPD RI Desember sebesar Rp10 juta untuk membeli sarana prasarana kegiatan BBL yakni gejog lesung maupun pengeras suara.

Sedangkan gaji Januari 2016 Rp10 juta dialokasikan untuk pembelian keranda.

Hal ini dilakukan GKR Hemas setelah mendengar keluhan dari pengurus BKL "Mugi Waras" yang sangat membutuhkan sarana tersebut.

Usai melihat kegiatan BKL "Mugi Waras" GKR Hemas merasa salut dengan kegiatan para lansia setempat tidak merasa berhenti, tetap produktif, tetap sehat, tetap optimis membimbing dan membantu anak cucu dan melihat aktivitas mereka.

Kegiatan kunjungan yang dikemas dalam bentuk dialog dan penyerapan informasi juga menghadirkan nara sumber dari DIY yakni Kepala Dinas PU DIY dan Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Kelautan DIY serta pejabat DIY lainnya.

Kedatangan GKR Hemas disambut dengan kesenian tek-tek dan menyaksikan meliputi kegiatan keterpaduan Posyandu lansia, senam lansia, kegiatan kerohanian seperti pengajian, pangrukti loyo muslim dan katholik, kegiatan sembahyangan.

Juga kegiatan kesenian berupa solawatan, gejok lesung dan angklung. Kegiatan juga terintegrasi dengan kegiatan ekonomi produktif berupa UPPKS lansia dengan kegiatan bidang pertanian antara lain budidaya jamur merang, perikanan, peternakan itik, kegiatan kerajinan membuat kasur, besek, tikar dan tempe.

GKR Hemas juga sempat meresmikan Mushola Al Janah yang sebagian besar untuk kegiatan lansia.

Ketua BKL "Mugi Waras", dengan lansia 81 orang umur 60 tahun ke atas dan dengan 59 BKL dan 15 kader, kegiatan yang juga dilaksanakan yakni "home care" dan "day care" dan kegiatan senam tiga generasi.

"Senam tiga generasi ini merupakan hasil kerjasama antara BKKBN Sleman bersama dengan FPOK Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)," katanya.

Ia mengatakan, senam ini telah dilaksanakan setiap Jumat pagi di Balai Desa Sumbersari.

"Tujuan senam ini adalah menciptakan keharmonisan keluarga sehat cucu, anak dan nenek/kakek," katanya.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024