Kulon Progo siap cetak sawah 50 hektare

id sawah

Kulon Progo siap cetak sawah 50 hektare

ilustrasi (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap mencetak sawah baru seluas 50 hektare dengan anggaran dari Kementerian Pertanian pada 2016.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Kementerian Pertanian (Kemtan) siap membantu anggaran cetak sawah baru.

"Kami belum menghitung besaran anggaran yang dibutuhkan untuk mencetak sawah baru seluas 50 hektare. Kemtan akan menghitung sendiri besaran anggaran yang dibutuhkan," kata Hasto.

Ia mengatakan dirinya sudah melakukan pembincaraan dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Direktur Perluasan dan Pengelolaan Lahan Ditjen PSP Kemtan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kulon Progo.

"Menteri siap membantu anggaran cetak sawah baru," katanya.

Dia mengatakan lahan sawah baru rencananya akan dicetak di Donomulyo, Kecamatan Nanggulan, dan Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo. Selain mencetak sawah, pemkab juga akan membangun jaringan irigasi untuk mengairi sawah tersebut.

"Saat ini, kami masih melakukan indentikasi lahan dan awal 2016 sudah siap dikerjakan," katanya.

Wakil Ketua DPRD Kulon Progo Ponimin Budi Hartono mengatakan pemkab harus menyiapkan perencanaan matang untuk cetak sawah baru. Luasan cetak sawah baru haris sebanding dengan alih fungsi lahan yang digunakan untuk pembangunan bandara.

"Jangan sampai, lahan pertanian di Kulon Progo terus berkurang dan tidak ada upaya cetak sawah baru," katanya.

Selain itu, Ponimin berharap pemerintah segera memalukan pembebasan lahan untuk pembangunan embung di Kecamatan Kokap, Girimulyo, Pengasih, Kalibawang dan Samigaluh.

"Cetak sawah baru juga harus didukung pengairan yang memadai, salah satunya dengan membangun embung," katanya.
KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024