Bupati : guru berperan membentuk SDM berkualitas

id guru

Bupati : guru berperan membentuk SDM berkualitas

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Sleman (Antara Jogja) - Memasuki dunia era tanpa batas, peran guru semakin penting dalam menunjang pembentukan sumber daya manusia berkualitas, kata Penjabat Bupati Sleman Gatot Saptadi.

"Apalagi tiap tahun pemerintah melalui Dirjen PMPTK melakukan sertifikasi guru sehingga diharapkan menjadi guru yang profesional dan bermartabat," kata Gatot Saptadi pada resepsi HUT PGRI ke 70 dan hari Guru Nasional 2015 di Gedung Serbaguan Sleman, Kamis.

Menurut dia, seorang guru yang profesional akan mendapatkan sertifikat sekaligus tambahan kesejahteraan.

"Ini sesuatu yang membanggakan sekaligus suatu tantangan bagi seorang guru yang profesional," katanya.

Ia mengatakan, predikat sebagai guru profesional bukan ditentukan oleh tambahan kesejahteraan atau sertifikat yang diperolehnya akan tetapi ditentukan oleh kemampuan guru untuk mengaktualisasikan dan mengoptimalkan seluruh potensi mental dan intelektual yang dimiliki? untuk memberikan bekal kepada anak didik dalam bertindak, belajar dan mengatur masa depan sendiri secara aktif dan mandiri.

"Guru adalah sebagai tulang punggung? pendidikan. Oleh karena itu guru harus mampu menciptakan masyarakat yang berpendidikan (Learning Society)," katanya.

Gatot mengatakan, guru juga harus mengembangkan jati dirinya sebagai sosok guru profesional, bermartabat,?? berkompetensi dan memiliki komunikasi yang baik dengan anak didik serta memiliki komitmen yang kuat terhadap profesinya.

"Tugas guru bukan lagi `knowledge based` tetapi lebih menekankan? `competency based` yaitu penguasaan konsep keilmuan dan perekayasaan yang berdasarkan nilai-nilai etika dan moral," katanya.

Ia mengatakan, konsekuensi dari itu seorang guru tidak lagi menggunakan komunikasi satu arah yang selama ini dilakukan, melainkan menciptakan suasana kelas yang kondusif sehingga terjadi komunikasi dua arah secara demokratis.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024