KPU bersiap menggelar debat publik putaran kedua

id pilkada

KPU bersiap menggelar debat publik putaran kedua

ilustrasi (antaranews)

Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersiap menggelar kegiatan kampanye debat publik putaran kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam pemilihan kepala daerah serentak 2015.

Komisioner KPU Bantul Divisi Hukum Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Syachruddin di Bantul, Kamis, mengatakan debat terbuka putaran kedua akan diikuti calon wakil bupati yaitu Abdul Halim Muslih dan Misbakhul Munir di stasiun televisi Jogja TV pada Kamis (26/11) malam.

"Penjelasan teknis mengenai tata cara dan tata tertib debat telah dilaksanakan pada Rabu (25/11) di KPU Bantul yang dihadiri perwakilan tim kampanye masing-masing pasangan calon nomor urut satu dan nomor urut dua," katanya.

Menurut dia, debat publik putaran kedua tersebut akan dimoderatori Abdul Ghafar Karim dari Fakultas Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) serta anggota Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Bantul Harlina.

Syachruddin mengatakan, debat publik antarcalon wakil Bupati Bantul ini akan mengambil tema tentang tata kelola pemerintahan sebagai penajaman dari visi misi pasangan calon yang akan dilaksanakan dalam tujuh segmen.

"Segmen itu antara lain tentang pemaparan visi misi, isu-isu faktual daerah juga saling bertanya dan memberikan tanggapan antarpeserta debat serta pernyataan penutup dalam kampanye debat," katanya.

Pihaknya berharap, pasangan calon maupun pendukung yang hadir di studio dapat mentaati tata cara dan tata tertib debat yang telah ditentukan, sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta dapat disaksikan masyarakat Bantul dari layar televisi.

"Untuk pendukung calon yang hadir ke studio masing-masing dibatasi maksimal 30 orang, 15 orang berada di dalam, 15 orang lainya berada di luar studio, kami harap masing-masing dapat mematui ketentuan tersebut," katanya.

Sementara itu, menurut dia, debat publik Pilkada Bantul 2015 direncanakan digelar selama tiga putaran, yang pada putaran pertama telah digelar pada Kamis (19/11) yang menghadirkan antarcalon bupati yaitu Suharsono dan Sri Surya Widati.

Sedangkan debat publik putaran ketiga atau terakhir akan menghadirkan antarpasangan calon yaitu pasangan Harsono-Halim dan Ida Munir yang direncanakan digelar di stasiun televisi Jogja TV pada 3 Desember 2015.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024