BPPT DIY kembangkan Kawasan Baron Technopark

id baron

BPPT DIY kembangkan Kawasan Baron Technopark

Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengembangkan Kawasan Baron Technopark, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, menjadi objek wisata edukasi energi terbarukan.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Seni dan Teknologi Keramik dan Porselin (UPT PSTKP) Bali Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) DIY Aris Darmasyah di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan Baron Technopark mampu menghasilkan listrik melalui energi ombak, angin, dan sinar matahari.
"Baron Technopark memang menjadi kawasan objek wisata edukasi," kata Aris.
Ia mengatakan daya listrik yang dicapai oleh Baron Technopark saat ini masih sebatas untuk daerah sekitar lokasi. Hanya saja, masih bisa dikembangkan untuk menerangi kawasan pantai.
"Program pengembangan listrik tentunya siap memberikan pasokan. Untuk menerangi kawasan pesisir pantai selatan," katanya.
Aris megatakan untuk memperluas jaringan listrik diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, energi yang dihasilkan juga harus stabil, sehingga melalui energi ombak, angin dan sinar matahari akan mampu menerangi kawasan pesisir.
"Memang peralatan jaringan menjadi hal utama," katanya.
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul akan melakukan kajian Baron Technopark kemungkin bisa mengelola areal yang diharapkan menjadi rujukan teknologi energi terbarukan nasional.
Penjabat Bupati Gunung Kidul Budi Antono mengungkapkan saat ini Baron Technopark masih dikelola oleh Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT) ini belum ada serah terima yang jelas.
"Untuk itu, kami sempat melakukan peninjauan kondisi terakhir Baron Technopark tersebut karena selama ini kami belum melakukan pengelolaan," katanya.
Ia mengatakan sudah dibahas ditingkat Pemda DIY. Ada tiga kawasan yang masuk dalam master plann. Hal ini juga sudah dikaitkan dengan detail enginering design (DED) ke depan mengenai pengembangan kawasan yang selesai dibangun 2013.
"Rencana induk sudah dibahas di tingkat provinsi," katanya.

KR-STR