Bulan Dana PMI Kota Yogyakarta tidak capai target

id bulan

Bulan Dana PMI  Kota Yogyakarta tidak capai target

PMI (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Perolehan sumbangan Program Bulan Dana PMI 2015 yang digelar PMI Kota Yogyakarta selama tiga bulan tidak mampu memenuhi target yang ditetapkan sebesar Rp500 juta.

"Pendapatan bersih dari berbagai kegiatan yang digelar selama Bulan Dana PMI Rp459,7 juta. Meskipun tidak mencapai target, namun realisasi tahun ini merupakan pencapaian tertinggi sepanjang sejarah bulan dana," kata Sekretaris PMI Cabang Kota Yogyakarta Harris Syarif Usman di sela penutupan Bulan Dana PMI 2015 di Yogyakarta, Jumat.

Capaian terbesar dari dana yang terkumpul berasal dari penjualan kupon melalui sejumlah instansi pemerintah, termasuk kecamatan, atau pihak swasta lain yang diajak bekerja sama.

"Perolehan dari Kantor Samsat Yogyakarta menyumbang porsi terbesar dari penjualan kupon, sekitar Rp100 juta," katanya. PMI juga menerima pengembalian kupon yang tidak sempat dijual dengan nilai Rp60,5 juta.

Sedangkan untuk kegiatan "gala dinner" yang digelar dua kali dengan mengundang berbagai pengusaha di Kota Yogyakarta dinilai belum mampu membuahkan hasil maksimal.

Pada "gala dinner" pertama yang digelar di salah satu hotel berbintang, diperoleh dana sumbangan sekitar Rp100 juta, sedangkan pada "gala dinner" kedua hanya mampu mengumpulkan sumbangan sekitar Rp15 juta.

"Pada kedua `gala dinner` tersebut, kami mengundang pengusaha yang hampir sama. Bahkan pada `gala dinner` kedua hanya dihadiri 10 pengusaha dari total undangan 150 pengusaha," katanya.

Ia berharap, pengusaha bisa meningkatkan perannya untuk terus membantu PMI yang bergerak di bidang kemanusiaan sehingga seluruh biaya untuk kegiatan operasional bisa tercukupi.

Setiap bulan, PMI Kota Yogyakarta membutuhkan dana sekitar Rp1 miliar untuk operasional seperti pembelian kantong darah, reagen, pembayaran pegawai dan berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi relawan dan sumber daya manusia di PMI.

"Menjelang musim hujan, PMI juga harus sudah menyiapkan stok guna menghadapi bencana yang berpotensi terjadi. Kami masih membutuhkan banyak dana," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Bulan Dana PMI 2015 Anwarudin Sulistyono mengatakan bahwa perolehan dana pada tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu yaitu mengalami kenaikan hingga 27,5 persen.

"Perlu banyak akal untuk penggalangan dana tahun depan sehingga dana yang diperoleh akan semakin banyak," kata Anwarudin. 

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024