Bantul siap meriahkan Festival Ketoprak DIY

id festival ketoprak

Bantul siap meriahkan Festival Ketoprak  DIY

Ilustrasi (Foto antarafoto.com) (antarafoto.com)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap memeriahkan festival ketoprak tingkat DIY yang akan digelar Dinas Kebudayaan DIY pada 28-30 November 2015.

"Kami menyambut baik gelaran festival ketoprak se-DIY itu, dan kami bekerja sama dengan Forum Komunikasi Ketoprak Bantul (FKKB) bersiap diri untuk memeriahkan festival ini," kata Kepala Disbudpar Bantul Bambang Legowo di Bantul, Jumat.

Menurut dia, informasi yang pihaknya terima Festival Ketoprak se-DIY 2015 yang digelar selama tiga hari berturut-turut tersebut akan diikuti empat kabupaten dan satu kota tersebut dilaksanakan di komplek Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Bambang mengatakan, kelompok dari Bantul yang akan mewakili kabupaten untuk mengikuti festival ketoprak tingkat DIY itu nantinya berpijak gaya ketoprak konvensional yaitu menampilkan unsur tempang dan keprak.

"Cerita yang diusung berbasis historis babat, legenda dan cerita rakyat. Penggarap diberi keleluasaan dan dibebaskan untuk mengapresiasi lakon namun tetap dalam koridor tradisi Yogyakarta," katanya.

Menurut dia, dalam menghadapi festival ketoprak se-DIY ini, pihaknya melalui Bidang Kebudayaan juga telah mempersiapkan dengan mengadakan festival ketoprak antargrup se kecamatan, mengingat tiap kecamatan terdapat kelompok kesenian tersebut.

Bambang juga mengatakan festifal ketoprak tersebut betujuan untuk melestarikan kesenian ketoprak sekaligus untuk memberi wadah seniman-seniwati ketoprak tiap daerah termasuk Bantul dan makin mendekatkan kesenian ketoprak ke masyarakat.

"Diharapkan rasa cinta pada kesenian ini makin tumbuh di masyarakat dan muncul bibit-bibit muda di dunia perketoprakan di Bantul," katanya.

(KR-HRI)